2021 : Analisa Faktor-Faktor yang Mempengaruhi Perilaku Konsumen Terhadap Penggunaan Produk Teknologi Kampus: Studi Kasus Produk Teknologi ITS

Satria Fadil Persada S.Kom,MBA,Ph.D

Year

2021

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Dunia saat ini sedang memasuki fase dimana transformasi kehidupan menjadi berbasis digital berprogress lebih cepat dikarenakan adanya pandemic Covid-19. Memasuki era industri 4.0 membuat teknologi menjadi ujung tombak segala aktivitas untuk mencapai stabilitas, reliabilitas, dan kesuksesan didalam proses nya. Menjadi kewajiban bagi kampus dengan proposisi nilai (value proposition) untuk dapat menciptakan dan menawarkan produk teknologi yang dapat diserap baik oleh industri (b2b) ataupun pelanggan individu (b2c). Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menjadi salah satu perguruan tinggi negeri top terkemuka yang mengedepankan teknologi sebagai penciri dari keunggulan yang dimiliki dibandingkan perguruan tinggi lain. ITS terbukti telah menghasilkan banyak produk Teknologi baik yang bersifat kerjasama industri maupun luaran dari penelitian yang cukup terkenal seperti motor Gesits, robot RAISA, i-nose c-19, dan banyak produk teknologi-teknologi lain yang telah di buat maupun digunakan secara luas. Penelitian ini secara spesifik menganalisa perilaku konsumen dari produk teknologi kampus ITS yang telah dan atau ingin digunakan oleh konsumen. Pendekatan analisa perilaku dilakukan dengan menganalisa faktor – faktor yang mempengaruhi, mendapatkan insight, dan memberikan rekomendasi manajerial untuk keberlanjutan dari infrastruktur, industri, dan inovasi maupun keberlanjutan. Diharapkan dengan adanya penelitian ini, produk teknologi yang dihasilkan kampus menjadi karya anak bangsa yang dapat bersaing secara kompetitif dengan produk asing yang relatif masih tersebar mayoritas di penjuru Indonesia. Luaran yang ditargetkan dalam penelitian ini adalah jurnal internasional terindeks dan mampu memberikan manfaat yang tinggi bagi teoritis pemahaman konsumen terhadap produk teknologi kampus maupun bagi aspek praktis kegiatan terkait perilaku penggunaan produk teknologi kampus.