2017 : Evaluasi Efektivitas Layanan Ruang Baca Departemen di Lingkungan ITS

Adithya Sudiarno ST., MT.
Ellif Nurfiana A.Md
Astutik Nur Qomariyah S.Sos

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perubahan statuta ITS yang semula adalah Perguruan Tinggi Negeri yang Berbadan Layanan Umum (BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH), dimana ITS memiliki wewenang kepemilikan, penggunaan, pemanfaatan serta pemeliharaan sarana dan prasarana. Salah satu sarana dan prasarana yang berperan penting bagi jantung keilmuan Perguruan Tinggi yaitu perpustakaan.\nVisi dari Perpustakaan ITS adalah sebagai Studying Center, yaitu perpustakaan sebagai pusat sumber belajar dengan fasilitas dan jasa berbasis teknologi yang dimiliki serta mendukung kegiatan penelitian bagi sivitas akademia ITS. Perpustakaan ITS didukung oleh adanya beberapa ruang baca disetiap departemen di lingkungan ITS karena mengerucutnya bidang ilmu yang ada di ITS. Kondisi setiap ruang baca departemen berbeda-beda, misalnya dari segi sistem informasi, background pustakawan, jenis koleksi, serta dukungan pimpinan sehingga mempengaruhi kualitas layanan yang diberikan kepada pengguna. Dengan kondisi ini maka perlu dilakukan penelitian untuk mengetahui sejauhmana efektivitas layanan ruang baca departemen apakah sudah sesuai dengan fungsinya sebagai Studying Center dan berharap dapat membantu pimpinan dalam menentukan kebijakan terkait dengan efisiensi dan produktifitas kinerja di lingkungan ITS. \nTerdapat banyak metode yang digunakan untuk mengukur kualitas layanan kepada konsumen. Salah satu metodenya adalah metode Service Performance (SERVPERF) dan Lean service. SERVPERF bertujuan untuk menentukan kualitas layanan dengan hanya melakukan pengukuran pada kinerja layanan. Sedangkan Lean service adalah suatu upaya terus menerus untuk menghilangkan pemborosan (waste) dan meningkatkan nilai tambah (value added) produk (barang dan atau jasa) agar memberikan nilai kepada pelanggan (customer value). Hasil Customer Satisfaction Index didapatkan tingkat kepuasan pengguna terhadap kualitas layanan ruang baca dan rekomendasi kebijakan ruang baca departemen dan perpustakaan ITS.\n \nKata Kunci : Efektivitas Kualitas Layanan, Service Performance, Lean Service, Customer Satisfaction Index, Perpustakaan Perguruan Tinggi.\n