2020 : Aplikasi Kontrol Charging Baterai Adaptif Pada Sistem Charging Station

Ir. Syamsul Arifin MT.
Suyanto ST.,MT.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Tumbuhnya kesadaran yang kuat terhadap naiknya emisi gas rumah kaca turut meningkatkan kebutuhan akan sumber energi alternatif dengan polusi yang minimum. Adanya fakta ini turut mempengaruhi kebutuhan elektrifikasi pada moda transportasi yang telah menyebabkan peningkatan popularitas Kendaraan Listrik atau Electric Vehicle (EV). Namun, dengan pertumbuhan kendaraan listrik di jalan, stasiun pengisian atau charging station kendaraan listrik akan menjadi problem utama bagi jaringan tenaga listrik PLN. Hal tersebut karena charging station kendaraan listrik yang terhubung ke jaringan menggunakan kontroler listrik non-linier yang dapat berakibat besar pada jaringan sistem tenaga listrik PLN. Selain itu, charging station disuplai dari jaringan listrik yang ditenagai oleh sumber energi konvensional tidak memberi dampak yang positif. Melihat permasalahan tersebut, diperlukan sebuah sistem charging yang tepat dengan memanfaatkan sumber energi terbarukan. Pembangkit Listrik Tenaga Surya (PLTS) adalah sumber energi listrik yang hijau dan terbarukan. Sayangnya, energi ini belum dapat dioptimalkan dengan baik dan masih memiliki banyak kendala ketika diterapkan pada sistem charging station. Terdapat beberapa hal yang dapat mepengaruhi tingkat kinerja pada PLTS, salah satunya adalah penggunaan algoritma berupa Artificial Intelligent (AI) atau kontrol cerdas. Algoritma digunakan pada sistem PLTS untuk mendapatkan posisi Maximum Power Point Tracking (MPPT) pada kurva karakteristik daya terhadap tegangan panel surya. Penggunaan algoritma yang sesuai akan menunjang kualitas tracking Duty Cycle. Perubahan nilai Duty Cycle akan memengaruhi perubahan keluaran daya listrik panel surya. Penjajakan yang akurat akan menghasilkan keluaran daya listrik panel surya yang optimal. Selain itu, dengan terjaganya parameter charging dengan mengontrol nilai duty cycle juga akan membuat life-span baterai menjadi lebih lama. Metode kontrol memegang peranan penting pada charging station khususnya untuk meningkatkan efisiensi, life time, kesehatan, dan kualitas charging pada baterai dengan proporsional. Melihat Pentingnya fungsi kontrol, penelitian ini berfokus mengkolaborasikan beberapa jenis algoritma kontrol MPPT pada hardware sistem charging station kendaraan listrik. Beberapa algoritma kontrol akan aktif secara bergantian melalui perhitungan coulomb counting dan bekerja secara adaptif menyesuaikan kondisi baterai. Hasil penelitian ini akan menunjukkan efektivitas dan kehandalan sistem dalam menjaga parameter charging baterai sehingga baterai akan lebih tahan lama dan terisi penuh sesuai dengan parameter idealnya.