2017 : Karakteristik dan Aplikasi Material Komposit Serat Bambu dan Kelapa sebagai Material Alternatif Pengganti Brake Pads pada Kereta Api

Prof. Dr. Ir. Wajan Berata DEA
Dr.Eng. Sutikno ST., MT.
Wahyu Wijanarko S.T.,M.Sc.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kanvas rem (brake pads) merupakan salah satu komponen dari sistem pengereman yang berfungsi untuk memperlambat maupun menghentikan laju kendaraan, terutama pada saat kendaraan berkecepatan tinggi. Kanvas rem menerima beban mencapai 90% dari komponen pengereman lainnya. Beberapa sifat mekanik seperti kekuatan tekan (compressive strength), ketahanan aus (wear resistant) dan ketahanan pada temperatur tinggi karena pengaruh gesekan menjadi pertimbangan dalam proses produksi dan pemilihan material pembuatan kanvas rem.\nBelakangan, komposit banyak digunakan sebagi material pengganti logam baik di industry otomotif, penerbangan, maupun perkapalan. Komposit dikenal sebagai material yang ringan dan kuat. Dalam penelitian ini akan dilakukan penelitian mengenai penggunaan komposit berpenguat serat alam yaitu serat kulit kelapa dan serat bambu sebagai material pembuatan kanvas rem kereta api. Pengujian menggunakan dua metode yakni simulasi dan eksperimen. Eksperimen dilakukan dengan mencampurkan 50% pasir besi fero yang disaring dengan mesh 60, 20% serat kulit kelapa atau 20% serat bambu dan mariks berupa 30% polymer epoxy resin. Selanjutnya akan dilakukan pengujian terhadap kekuatan, ketahanan aus dan compressive strength pada material tersebut.\nLuaran yang diharapkan dalam penelitian ini yaitu menghasilkan referensi terkait perancangan dan prototipe kanvas rem yang terbuat dari material komposit berpenguat serat kulit kelapa dan serat bambu. Disamping itu, diharapkan kanvas rem kereta api yang dihasilkan dapat menjadi alternatif penggati kanvas rem yang saat ini banyak beredar. Dimana kanvas rem kereta api yang dipakai hingga saat ini masih belum menunjang nilai ekonomis dan mengandung bahan yang berbahaya bagi kesehatan.