2017 : PENDEKATAN DAN METODE DESAIN KOMUNIKASI VISUAL UNTUK MENINGKATKAN KREATIFITAS

Senja Aprela Agustin ST.
Putri Dwitasari ST., M.Ds.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Setiap pekerjaan desain komunikasi visual membutuhkan perencanaan, visualisasi hingga produksi desain. Proses mendesain tersebut membutuhkan langkah pertama dalam mendesain yakni pendekatan dan metode desain untuk menemukan pemecahan masalah dalam desain komunikasi visual. Menariknya desain komunikasi visual adalah keilmuan interdisiplin yang memiliki pendekatan kelimuan yang beragam seperti sains, sosial, kebudayaan, politik, ekonomi, estetika maupun filsafat. Usai memilih pendekatan desain mana yang sesuai dengan arahan proyek desain ataupun yang disebut dengan perumusan masalah, desainer mulai bisa mendefinisikan metode desain yang sesuai dengan tujuan penciptaan medium desain yang paling direkomendasikan untuk dieksekusi. \nBeberapa metode mendesain yang dapat digunakan tersebut dapat bersifat kuantitatif maupun kualitatif, dengan pengumpulan sumber informasi yang sifatnya primer maupun sekunder. Bermacam startegi dalam jenis metode desain dapat berupa analisis kompetitor, etnografi, marketing, user testing, eksplorasi visual. Taktik yang bisa digunakan-pun cukup beragam seperti tinjauan pustaka, suvei, kelompok diskusi teratah, etno fotografi, psikografi, teori warna, personas, visualisasi dsb. Penggabungan di antaranya, seperti strategi maupun taktik penelitian dalam desain komunikasi visual dapat memperkuat informasi mengenai masalah dan solusi desain yang kreatif dsan berbeda.\nKeywords: pendekatan, metode, desain komunikasi visual, kreatifitas.\n