2020 : PENGEMBANGAN APLIKASI VIRTUAL REALITY (VR) SEBAGAI MEDIA AJAR: PEMBELAJARAN MITIGASI BENCANA DI SURABAYA

Bambang Mardiono Soewito S.Sn, M.Sn
Didit Prasetyo S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pembelajaran pada era industri 4.0 telah meliputi segala bidang dan menembus ruang batas topik akademik. Salah satu inovasi yang harus diangkat adalah sebuah media pembelajaran dengan menggunakan Virtual Reality (VR). Media pembelajaran yang menarik dapat meningkatkan pemahaman pengguna terhadap materi yang diberikan. VR adalah sebuah inovasi teknologi yang dibutuhkan dalam proses belajar mengajar pada era industri 4.0. VR dapat dikembangkan pada berbagai macam topik. Teknologi VR memungkinkan simulasi benda nyata menjadi benda maya atau objek tiga dimensi dalam waktu yang nyata. Simulasi ini dapat digunakan untuk membantu proses belajar mengajar. Alat pembelajaran pada umumnya menunjukkan benda atau alat yang menggunakan gambar dua dimensi dari sumber buku ataupun internet. Sehingga terkadang objek asli tiga dimensi atau kondisi suasana asli dari benda atau alat tersebut tidak dapat diketahui dan dirasakan secara langsung. Teknologi VR dapat digunakan untuk mengatasi masalah tersebut. Sehingga pengguna dapat mengetahui secara nyata bentuk atau suasana dari objek yang sedang diajarkan. Di Indonesia pada waktu sekarang ini sedang marak melakukan pembelajaran mengenai mitigasi bencana, selain tantangan mempelajari fenomena yang berkaitan dengan kebencanaan, berbagai hambatan dan tantangan dihadapi para pembelajar mitigasi bencana ditengah masyarakat, hal itu ditambah dengan kemampuan literasi masyarakat yang rendah, persepsi negative masyarakat terhadap informasi bencana, dan minimnya sarana prasarana untuk mendukung pembelajaran mitigasi bencana menjadikan permasalahan belajar mitigasi bencana semakin kompleks. Pengembangan media belajar menggunakan Virtual Reality diharapkan mampu menjadi salah satu solusi permasalahan mitigasi bencana. Pemilihan topik penelitian mitigasi bencana yang difokuskan pada bencana di area Surabaya dan sekitarnya dengan memperhatikan standar mitigasi bencana yang sudah ditetapkan pemerintah, cara penyajian dan pengalaman belajar yang menarik menggunakan simulasi Virtual Reality diharapkan mampu menaikkan pengetahuan masyarakat yang berimbas pada kepedulian masyarakat terhadap lingkungan sekitarnya dan keselamatan diri dan keluarga terhadap kebencanaan menjadi lebih baik. Kata kunci: Pembelajaran, Virtual Reality, Mitigasi, Bencana, Surabaya