2017 : PENGEMBANGAN MODEL PENGARUH CUSTOMER REVIEW DAN EMOTIONAL DESIGN TERHADAP REPEAT PURCHASE DALAM BISNIS ONLINE STORE : SEBUAH PENDEKATAN ERGONOMI KOGNITIF

Dyah Santhi Dewi S.T., M.Eng.Sc., Ph.
Ratna Sari Dewi S.T, M.T
Adithya Sudiarno ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Bisnis online store mengalami perkembangan yang pesat dalam beberapa tahun terakhir ini. Hal ini salah satunya disebabkan karena semakin meningkatnya pengguna internet. Diperkirakan jumlah konsumen online store akan terus meningkat secara signifikan di Indonesia. Pergeseran dari perilaku belanja konvensional ke belanja online memberikan peluang besar dalam bisnis. Hal ini juga menarik minat para akademisi untuk memahami seluk beluk bisnis online store. Salah satu hal yang menarik untuk dipahami adalah apa dan bagaimana mendorong niat belanja berulang konsumen (repeat purchase) pada bisnis online.\nBeberapa penelitian terdahulu telah menemukan bahwa emotional design pada online store memiliki efek positif pada kepercayaan customer yang berakibat tumbuhnya customer intention dalam melakukan pembelian. Penelitian lain menemukan bahwa online customer review juga memiliki efek positif terhadap customer intention, dimana online customer review berperan sebagai electronic word of mouth (eWOM) yang ditulis oleh konsumen berdasarkan pengalaman pembelian sebelumnya. Namun, belum banyak penelitian yang mencoba meneliti pengaruh emotional design dan customer review terhadap niat belanja berulang (repeat purchase) pada online store. Bagaimana pengaruh variabel serta indikator lainnya terhadap niat belanja berulang pada online store masih belum sepenuhnya dipahami. Emotional design menjadi salah satu kajian menarik dalam ranah ergonomi kognitif. Untuk itu, penelitian ini bertujuan untuk mengembangan model yang menggambarkan pengaruh dari indikator Emotional Design dan Customer Review terhadap Repeat Purchase. Penelitian ini akan menggunakan pendekatan metode SEM (Structutural Equation Model). Instrumen penelitian yang dipergunakan pada dalam pengumpulan data adalah kuesioner online. Kuesioner online tersebut didistribusikan secara acak melalui media online. Pengolahan data akan dilakukan dengan menggunakna software SPSS19 dan AMOS22. \nKata kunci: ergonomic cognitive, customer intention, emotional design, online store, online customer reviews, repeat purchase, structural equation modeling.