2017 : Strategi Optimalitas Peran Pembimbing dan Mahasiswa (P-M) Sebagai Upaya Mempercepat dan Meningkatkan Kualitas Skripsi Mahasiswa Program Sarjana.

Dra. Madu Ratna
Prof. Dr. Drs. I Nyoman Budiantara M.Si

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Permasalahan utama yang sering muncul dalam pengelolaan Program Sarjana S-1 di ITS, diantaranya adalah (1). Lambatnya mahasiswa Program Sarjana memperoleh topik Skripsi, (2). Rendahnya kemampuan dasar mahasiswa terhadap dasar-dasar teori yang dibutuhkan dalam menyusun Skripsi, dan (3). Lambatnya mahasiswa dalam menyelesaikan Skripsinya. Akibat dari persoalan ini adalah kualitas Skripsi yang dihasilkan oleh mahasiswa relatif kurang baik dan masa studi mahasiswa S-1 menjadi tidak tepat waktu. Untuk mencari solusi terhadap persoalan ini, manajemen Program Sarjana S-1 dituntut mempunyai strategi yang tepat pada sistem tata kelola pendidikannya, baik strategi yang menyangkut tata cara pembelajarannya, maupun strategi yang berkaitan dengan penelitiannya. \n Berkaitan dengan hal tersebut, dalam penelitian ini akan diusulkan strategi pengelolaan Program Sarjana S-1, yang didasarkan pada optimalitas peran Pembimbing dan Mahasiswa yang bekerjasama dengan baik (Strategi P-M), dalam hal (1). Mencari dan menentukan topik Skripsi, (2). Meningkatkan pengetahuan dan pemahaman terhadap konsep-konsep dasar teori yang diperlukan dalam mendukung penyusunan Skripsi, dan (3). Meningkatkan frekuensi diskusi antara Pembimbing Skripsi dan mahasiswa Program Sarjana S-1. Tujuan utamanya adalah meningkatkan kualitas Skripsi yang dihasilkan dan mempercepat penyelesaian Skripsi, serta mempercepat masa studi mahasiswa S-1. Strategi optimalitas peran Pembimbing dan Mahasiswa S-1 (Strategi P-M) yang dimaksudkan disini adalah keberhasilan mahasiswa dalam menyelesaikan Skripsinya, yang tidak hanya mengandalkan (bertitik tumpu) pada mahasiswa, tetapi juga bersinergi dengan usaha keras dan proaktif dari Pembimbingnya. Strategi pengelolan Program Sarjana yang berdasarkan pada optimalitas peran Pembimbing dan Mahasiswa S-1 yang diusulkan ini, keberhasilannya akan dibandingkan dengan strategi pengelolan Program Sarjana S-1 standar yang selama ini dilakukan dan cendrung hanya mengandalkan pada peran Mahasiswa (Stategi M). Sebagai suatu studi kasus, akan dilakukan perbandingkan pada mahasiswa Program Sarjana S-1 Statistika ITS yang menyangkut perbandingan (1). lama mahasiswa mendapatkan topik Skripsi, (2). lama menyusun proposal Skripsi, dan (3). Lama mahasiswa menyelesaikan Skripsi, yang berdasarkan pada Strategi P-M, dan Stategi standar yang selama ini dilakukan, yang cendrung hanya mengandalkan pada peran mahasiswa (Stategi M). \n Penelitian ini akan menghasilkan suatu kebijakan alternatif yang sangat bermanfaat bagi pengelolaan Program Sarjana S-1 di ITS. Dari penelitian ini diharapkan akan dapat meningkatkan kualitas penulisan dan penyusunan Skripsi yang selama ini masih dianggap perlu ditingkatkan agar menjadi lebih baik. Disamping itu, penelitian ini juga diharapkan dapat mempercepat mahasiswa S-1 dalam memperoleh topik Skripsi, mempercepat mahasiswa menyusun Proposal Skripsi, mempercepat mahasiswa menyelesaikan Skripsi, dan pada akhirnya akan mempercepat mahasiswa dalam menyelesaikan studinya Sarjananya dengan tepat waktu. \n