2017 : PENENTUAN BLOCK LIFTING METHOD UNTUK MEMPERKECIL RESIKO DEFORMASI PADA PROSES PEMBANGUNAN KAPAL

Mohammad Nurul Misbah S.T.,M.T.
Dony Setyawan ST, M.Eng

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Deformasi atau perubahan bentuk pada struktur kapal selalu menjadi perhatian dalam proses pembangunan kapal baru. Banyak upaya dilakukan untuk mengurangi atau bahkan menghindari terjadinya deformasi agar dihasilkan bentuk kapal yang sesuai dengan desain awal. Pada proses pembangunan kapal yang menggunakan sistem blok, deformasi struktur kapal banyak terjadi pada tahap penyambungan blok atau erection process, dimana penyambungan blok seringkali dilakukan pada konstruksi blok depan dengan blok belakang atau konstruksi lambung dengan blok bangunan atas. Tahap penyambungan blok selalu diikuti dengan pengangkatan blok (block lifting) untuk memindahkan blok yang akan disambung, sehingga berpotensi terjadinya deformasi.\n\nSalah satu upaya yang dilakukan untuk mengurangi deformasi struktur kapal adalah menempatkan braket (lifting pad) dan pilar penopang pada posisi yang sesuai dengan ukuran yang mampu menahan berat konstruksi blok. Jumlah, ukuran serta posisi lifting pad dan pilar akan mempengaruhi besarnya deformasi dan tegangan yang terjadi pada struktur kapal selama proses pengangkatan. Dengan penentuan jumlah, ukuran dan peletakan yang sesuai, baik lifting pad maupun pilar, deformasi pada saat pengangkatan dan penyambungan blok dapat diminimalkan sehingga tidak terjadi perubahan bentuk struktur kapal.\n\nPenelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji dan menentukan metode pengangkatan blok yang tepat sehingga mampu mengurangi resiko deformasi dan tidak menyebabkan perubahan bentuk struktur selama proses pembangunan kapal. Penelitian kali ini dititikberatkan pada analisa kekuatan struktur blok yang diangkat dengan menggunakan lifting pad dan pilar dalam berbagai ukuran, jumlah dan posisi yang bervariasi. Kriteria deformasi dan kekuatan struktur kapal didasarkan pada aturan klasifikasi. Analisa kekuatan struktur kapal dibuktikan dengan metode numerik menggunakan software komersial untuk analisa elemen hingga yang terbukti mampu menjelaskan permasalahan kekuatan kapal. Hasil akhir dari penelitian ini adalah metode pengangkatan blok kapal dengan resiko deformasi terkecil serta kekuatan struktur blok memenuhi aturan klasifikasi sehingga dapat digunakan dalam proses pembangunan kapal\n