2018 : STUDI LITERATUR ANALISIS KARAKTER BERDASARKAN STRUKTUR PSIKIS ANAK DAN KONTRIBUSINYA BAGI KEBERHASILAN BELAJAR SISWA

Ir. Muhammad Faqih MS


Abstract

Tujuan dari penelitian adalah untuk menemukan tipe-tipe karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Orientasi karakter anak yang berhasil dalam belajarnya, Besarnya konstribusi tipe karakter bagi keberhasilan belajar anak, dan strategi belajar sukses berbasis berkarakter. Metode kajian dilakukan dengan riset pustaka dengan menggunakan pendekatan kajian teoritis. Dari hasil kajian ditemukan empat jenis karakter yakni 1) karakter konflicated; 2) karakter kreatif; 3) karakter otonominatif; 4) karakter efikatif. Dengan tipe sebanyak 12 (dua belas) tipe karakter yakni: tipe sex, tipe emosional, tipe moral, tipe superior, tipe minat sosial, tipe lifestyle, tipebody, tipe ideal, tipe identitas, tipe regulasi, tipe efikasi diri, tipe efikasi sosial. Masing-masing tipe memiliki satu orientasi karakter. Dari orientasi karakter tersebut kemudian akan diukur tingkat kecenderungan masing-masing pada orientasi belajar dan berapa persen kontribusi tip karakterbagi keberhasilan belajar anak.