2020 : KAJIAN PEMANFAATAN TEKNOLOGI DARING DALAM PROSES BELAJAR MENGAJAR DI MASA PANDEMI COVID 19 TERHADAP DINAMIKA PERUBAHAN KEPRIBADIAN MAHASISWA PERGURUAN TINGGI KETEKNIKAN: STUDI KASUS ITS

Prof.Dr.Ir. Budi Santoso M.E.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kebijakan social distancing diberbagai daerah akibat pandemi covid 19 memberikan implikasi luas pada seluruh peri kehidupan bermasyarakat. Hal ini tidak terkecuali di sektor pendidikan tinggi, pola belajar mengajar konvensional diganti oleh teknologi daring sebagai media. Penguasaan teknologi informasi dan jaringan internet menjadi sebuah kebutuhan dasar agar dapat berpartisipasi dalam proses belajar mengajar daring. Tatap muka yang pada awalnya berlangsung secara natural diubah menjadi virtual. Perubahan mendasar dirasakan semua pihak dan tentu ada sesuatu yang hilang yaitu relasi dan interaksi sosial antara pengajar dan partisipan belajar. Output pembelajaran tidaklah sama persis terutama pendidikan ikutan seperti kepribadian. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji perihal pola perubahan kepribadian mahasiswa perguruan tinggi keteknikan pasca pemanfaatan teknologi daring. Dengan demikian secara spesifik dapat diperkirakan pola kepribadian peserta didik, setelah pemanfaatan teknologi daring. Selanjutnya membuat skenario antisipasi terhadap pola kepribadian yang menyimpang dari pola kepribadian yang diharapkan sesuai dengan profil lulusan yang diharapkan. Tahapan penelitian yang dilakukan adalah melalui survey penyebaran questionair kepada para mahasiswa keteknikan dalam hal ini ITS. Dari data yang diperoleh maka akan di generate mesin inferensi fuzzy untuk menentukan pola kepribadian yang nantinya dapat digunakan sebagai dasar didalam membuat model kepribadian dengan pendekatan metodologi sistem dinamik. Atas dasar model tersebut maka berbagai skenario pola perubahan kepribadian peserta didik dapat diperkirakan. Apabila pada hasil simulasi diperoleh kecendungan pola kepribadian yang menyimpang maka beberapa skenario antisipasi dapat digunakan sebagai pencegahan. Atas dasar simulasi ini maka dampak negatif yang tidak dikehendak dalam pemanfaatan teknologi daring dalam proses belajar mengajar dapat dihindarkan. Luaran yang dihasilkan adalah rekomendasi perihal syarat-syarat perlu dan cukup agar terlaksananya proses belajar mengajar daring sesuai dengan tujuan pembelajaran. Mengantisipasi terjadi dampak yang tidak diharapkan terutama dalam hal pembentukan pribadi anak didik. Luaran tersebut selanjutnya ditindak lanjuti menjadi sebuah paper publikasi untuk seminar internasional bereputasi. Kata kunci: Teknologi Daring, Kepribadian, Social distancing, Fuzzy, Sistem Dinamik