2018 : Identifikasi dan Kesamaan Pola Dokumen Marketing dalam Media Cetak dengan Bayesian Network

Dra. Farida Agustini Widjajati M.S.
Drs. Soehardjoepri M.Si.
Endah Rokhmati Merdika Putri S.Si.M.Si., Ph.D


Abstract

Perkembangan teknologi internet dewasa ini sangat pesat. Hal ini diiringi juga dengan semakin berkembangnya teknologi informasi yang dibutuhkan oleh pengguna, sehingga mengakibatkan munculnya suatu cabang ilmu baru dalam teknologi informasi, yaitu pencarian informasi (information retrieval). Hal ini sangat membantu dalam dunia bisnis, khususnya masalah marketing untuk memperkenalkan produk atau jasa. Penelitian ini bertujuan untuk membuat alat deteksi kesamaan pola dokumen marketing dalam media cetak berdasarkan munculnya tiga term pertama di setiap kalimat dalam brosur. Brosur ini di skenario untuk bidang Information Technology (IT), transportasi, kuliner, kebutuhan pokok, minuman, pariwisata, sosial dan pendidikan. Hasil yang diperoleh berupa cara identifikasi dan kesamaan pola dokumen marketing dalam media cetak dari munculnya tiga term pertama yang pembedaannya menggunakan pendekatan Bayesian Network (BN) dan likelihood ratio test dalam dokumen marketing. Cara pendeteksian pola tersebut terbukti telah mampu membedakan beberapa dokumen marketing dalam media cetak yang diuji cobakan. Kata Kunci: information retrieval, pola dokumen marketing, munculnya term, Bayesian Network, likelihood ratio test