2013 : Pemodelan Manajemen Lalu Lintas Pada Ruas Jalan Menggunakan Network Flow

Dr. Ir. Yoyon Kusnendar Suprapto MSc.


Abstract

Kemacetan telah menjadi masalah utama transportasi di kota-kota. Penelitian ini bertujuan untuk dengan membuat pemodelan lalu lintas menggunakan Network flow dengan metode Ford Fulkerson untuk menyelesaikan masalah maksimum flow sebagai model dalam mengatasi kemacetan pada ruas jalan. Maximum flow adalah arus yang masih bisa dilewatkan antara source dan sink namun tidak melebihi kapasitas jalan. Dalam Network Flow jaringan jalan direpresentasikan kedalam graf yang setiap ruas berbobot terdiri dari parameter arus dan kapasitas yang kemudian dibuat model routing flow untuk mengurai kemacetan dengan tetap mempertahankan arus tetap maksimum. Untuk mengukur kinerja ruas jalan digunakan V/C ratio. Ford Fulkerson membuat beberapa pilihan path dengan nilai arus maksimum untuk setiap ruas jalan sehingga tidak ditemukan lagi ruas jalan dengan v/c ratio= 1. Hasil simulasi pada ruas jalan terbatas di Surabaya menunjukkan nilai arus dari s ke t berturut-turut adalah 1582 smp, 1444 smp, 1633 smp dan 232 smp, total 4891 smp dengan 5 ruas jalan mencapai tingkat penggunaan kapasitas jalan 100%, v/c= 1 LoS F yaitu: jalan Pasar Kembang, Menur, Walikota Mustajab, Manyar Kertoarjo Raya dan Raya Kertajaya. Hasil contra flow menunjukkan ruas jalan yang berada pada level F menjadi level C akibat dari perubahan kapasitas dengan v/c ratio 0, 67 dan arus tetap maksimum.