2020 : Evaluasi Kinerja Sektor Pendidikan Dasar dan Menengah Provinsi Jawa Timur Menggunakan Pendekatan Two-Stage Network Data Envelopment Analysis

Syarifa Hanoum ST., MT.

Year

2020

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Sumber Daya Manusia (SDM) merupakan aset utama untuk pembangunan nasional hal ini diperkuat dengan 5 prioritas program kerja pemerintah Indonesia salah satunya dengan penguatan di sektor SDM. Sehingga pengevaluasian kinerja terhadap penyelenggaraan pendidikan dalam menyediakan pendidikan yang berkualitas dan hendaknya mampu menghasilkan sumber daya manusia yang kompeten di abad ke-21 ini terutama pada tingkat pendidikan dasar dan menengah. Penelitian yang dilakukan bertujuan untuk mengevaluasi kinerja sektor pendidikan dasar dan menengah di Jawa Timur serta mengetahui faktor yang paling berpengaruh terhadap kinerja sektor pendidikan dasar dan menengah di Jawa Timur. Metode yang digunakan yaitu Two-Stage Network Data Envelopment Analysis (DEA). Adapun penelitian ini diawali dengan tahap persiapan dengan melakukan identifikasi rumusan masalah penentuan tujuan penelitian setelah melakukan studi literatur dan kondisi nyata terkait kinerja penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Jawa Timur. Setelah itu dilakukan tahap spesifikasi model yang terdiri dari pengumpulan data dan pembentukan model DEA. Setelah itu dilakukan tahap implementasi model dengan melakukan pengolahan data menggunakan model DEA yang dibangun. Tahap terakhir adalah analisis dan penarikan kesimpulan. Hasil dari penelitian ini adalah sehingga dapat menghasilkan rekomendasi untuk meningkatkan kinerja penyelenggaraan pendidikan dasar dan menengah di Jawa Timur berdasarkan hasil analisis dari model Two-Stage Network DEA.