2017 : KAJIAN PEMBELAJARAN DESAIN ARSITEKTUR\nBERBASIS ISYU\n(Studi pada Studio Desain Arsitektur, Departemen Arsitektur, ITS)

Wahyu Setyawan S.T., M.T.
Defry Agatha Ardianta S.T., M.T.
Tanti Satriana Rosary Nasution S.T., M.T.


Abstract

Pendidikan di bidang Arsitektur memiliki tuntutan yang unik di dalam proses\npembelajarannya, karena menuntut sebuah kerja kreatif oleh anak didik untuk berkreasi\nmenciptakan sebuah karya rancang dengan bekal pengetahuan teknis dan teoretis yang cukup\nkompleks. Studio Desain atau sering pula disebut sebagai Studio Perancangan merupakan\nmodel pembelajaran utama dalam proses belajar Arsitektur, di mana dalam studio tersebut\nmahasiswa akan belajar mengintegrasikan kemampuan teoretis dan teknis dengan\nkemampuan kreatif dan ketrampilan merancang.\nHal yang menjadi penting untuk dikaji lebih lanjut adalah bagaimana korelasi\npembelajaran studio perancangan berbasis isyu / Issue Based Studio (IBS) yang dilakukan di\nperguruan tinggi Arsitektur dalam kasus ini Jurusan Arsitektur ITS dengan praktek\nberarsitektur yang terjadi di Indonesia. Penelitian ini bermaksud melakukan kajian terhadap\npraktik yang dilakukan Arsitek Profesional Indonesia dengan berfokus pada bagaimana basis\nisyu akan memberikan peluang pemikiran kritis dan juga kreativitas yang lebih jauh pada\nkarya mereka.\nKata kunci: Model Pembelajaran Studio, Perancangan berbasis Isyu