2018 : Pemodelan Dinamis dan Analisa Gerak Belok Mobil Formula SAE

Prof. Ir. I Nyoman Sutantra M.Sc., Ph.D
Ir. Witantyo M.Eng.Sc
Unggul Wasiwitono ST., M.Eng.Sc.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Selain mobil Sapuangin ITS yang dilombakan di Shell Eco-Marathon, tim Sapuangin ITS juga ikut berkompetisi pada Formula SAE dengan mobil Sapuangin Speed. Kompetisi Formula SAE (FSAE) menantang tim mahasiswa untuk memahami, merancang, mengarang, mengembangkan, dan bersaing dengan kendaraan jenis formula dengan ukuran kecil. Dalam kompetisi ini tim diberi fleksibilitas dalam desain dan kebebasan untuk mengekspresikan kreativitas dan imajinasi mereka, dengan sedikit pembatasan pada desain kendaraan secara keseluruhan. Tantangan bagi tim adalah mengembangkan kendaraan yang berhasil bersaing di semua event yang dilombakan. Kompetisi ini memberi tim kesempatan untuk menunjukkan dan membuktikan kreativitas dan keterampilan teknik mereka dibandingkan dengan tim dari universitas lain di seluruh dunia. Tidak seperti mobil Sapuangin ITS yang dilombakan di Shell Eco-Marathon yang selalu menjadi juara, tim Sapuangin speed, belum bisa meraih prestasi yang diharapkan. Dari beberapa event yang dilombakan kinerja mobil Sapuangin speed masih jauh dibawah tim lainnya. Salah satunya adalah event lomba Skid-Pad dan Autocross. Tujuan dari lomba skid-pad adalah untuk mengukur kemampuan menikung mobil pada permukaan datar dengan radius putar konstan. Sedangkan tujuan dari lomba Autocross adalah untuk mengevaluasi kemampuan manuver mobil dan handling pada lintasan yang telah ditentukan. Lomba Autocross akan menggabungkan fitur kinerja percepatan, pengereman, dan menikung dalam satu event lomba. Kemampuan gerak belok mobil Sapuangin speed masih perlu ditingkatkan agar dapat memperoleh hasil yang lebih baik pada event lomba Skid-Pad. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kinerja gerak belok mobil Sapuangin speed. Gerak menikung mobil dipengaruhi oleh beberapa faktor antara lain adalah karakteristik ban, sudut camber, traksi, gaya-gaya yang terjadi pada kontak antara ban dan jalan. Langkah pertama adalah menganalisa dinamika gerak belok mobil Sapuangin yang ada saat ini dengan menggunakan simulasi multibody dinamis. Dari hasil analisa dirumuskan rekomendasi perbaikan desain mobil Sapuangin speed sehingga mampu memdapatkan penilaian yang lebih baik pada lomba FSAE. Hasil penelitian ini mencakup: Model dinamis mobil Sapuangin speed, Tugas Akhir dan/atau Tesis mahasiswa, dan ditargetkan satu artikel ilmiah hasil penelitian dapat di submit ke journal international terindek.