2017 : ANALISIS SENTIMEN OPINI DENGAN ALGORITMA DEEP LEARNING

Drs. Soetrisno M.IKom
Dr. Imam Mukhlash S.Si., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Ulasan dapat merepresentasikan kualitas dari suatu produk. Oleh karena itu, perlu dilakukan suatu ekstraksi terhadap ulasan tersebut sehingga dapat diketahui sentimen dari opini yang diutarakan. Proses untuk mengekstraksi\ninformasi yang berguna dari ulasan pengguna disebut Opinion mining. Pada penerapannya model yang berkembang sekarang yaitu model Deep Learning yang telah banyak diteliti karena mempunyai performansi yang tinggi pada penerapan Natural Language Processing. Pada penelitian kali ini akan dilakukan penerapan model Deep Learning pada anĂ¡lisis sentimen dari suatu ulasan buku. Metode yang akan digunakan dalam penelitian ini antara lain Convolutional Neural Network dan L2-SVM serta Reccurent Neural Network. Pada penelitian ini pula akan dillihat\nperformansi masing-masing metode untuk melihat keunggulan dari metode yang digunakan. Untuk mencapai hasil yang maksimal, fungsi aktivasi yang pada umumnya menggunakan softmax diganti dengan L2-SVM yang memiliki bentuk persamaan yang sama. Selanjutnya, akan dilakukan klasifikasi ulasan buku dari Amazon.com menjadi dua kelas utama yaitu ulasan positif dan negatif. Hasilnya akan dilihat evaluasi performansi dari masing-masing metode untuk mengetahui yang terbaik agar dapat digunakan dalam sistem rekomendasi suatu produk.