2017 : Pengembangan Intelligent Mobility melalui Pemanfaatan Model Simulasi dan Teknologi Informasi untuk Mendukung Smart City

Erma Suryani ST., MT., Ph.D
Rully Agus Hendrawan S.Kom., M.Eng.
Arif Wibisono S.Kom.,M.Sc
Amna Shifia Nisafani S.Kom, M.Sc


Abstract

Seiring dengan meningkatnya populasi penduduk dan budaya konsumerisme, hal ini menyebabkan semakin meningkatnya jumlah kendaraan sehingga mengakibatkan kemacetan lalu lintas. Meningkatnya jumlah kendaraan tidak hanya berdampak pada kemacetan lalu lintas, namun juga memperburuk kualitas udara, kesehatan masyarakat, segregasi sosial, dan tekanan politik untuk pembangunan dan pelebaran jalan yang sangat mahal. Diperkirakan bahwa pertumbuhan penggunaan transportasi ini akan mencapai 12% tiap tahunnya. Beberapa permasalahan pada sistem jaringan jalan di kota-kota besar seperti di Surabaya, Jakarta, dan Bandung diantaranya yaitu: 1)kemacetan yang disebabkan oleh beberapa ruas jalan yang berbentuk “bottle neck” sehingga mengahambat arus lalu lintas serta adanya persimpangan yang sebidang dengan rel kereta; 2)meningkatnya volume kendaraan sehingga mengakibatkan kapasitas jalan menjadi semakin kecil jika tidak diimbangi dengan peningkatan jaringan dan kapasitas jalan. Penggunaan kendaraan transportasi yang berlebihan juga berdampak pada penggunaan bahan bakar kendaraan. Sektor transportasi merupakan konsumen Bahan Bakar Minyak (BBM) terbesar yaitu sekitar 48% dari konsumsi nasional. \n\nOleh karena itu dalam penelitian ini, kami mengusulkan smart mobility yang dapat menjadi solusi transportasi dan mobilitas masyarakat di daerah perkotaan melalui pemanfaatan model simulasi dan teknologi informasi. Smart mobility merupakan usaha untuk memenuhi kebutuhan transportasi disamping juga dapat meningkatkan perekonomian, kesadaran lingkungan, serta keselamatan dan kenyamanan masyarakat. Smart mobility merupakan salah satu pilar dari smart city yang berfokus pada accesibility, emission free transport, dan advance parking. Sebagai metode pengembangan model simulasi, kami menggunakan metode “system dynamics” dengan pertimbangan bahwa, system dynamics yang dapat mengakomodir hubungan non-linear antar faktor, baik faktor internal maupun eksternal yang berdampak pada kinerja mobilitas perkotaan. Sedangkan untuk pengembangan teknologi informasi kami menggunakan metode system development life cycle (SDLC) waterfall dengan pertimbangan bahwa dengan metode waterfall maka proses menjadi lebih teratur dari satu tahap ke tahap yang selanjutnya. \n\nHasil yang diharapkan dari penelitian ini meliputi : 1)Seperangkat model simulasi yang terdiri dari model sistem manajemen transportasi , model pengurangan emisi kendaraan, model peningkatan efektifitas dan efisiensi proses perencanaan transportasi umum, serta model untuk meningkatkan efisiensi penggunaan energi pada sektor trasnsportasi); 2)Teknologi informasi berbasis web yang dapat melakukan monitoring dan navigasi traffic lalu lintas; 3)Seperangkat skenario model yang dapat meningkatkan keselamatan pengendara, penumpang, dan pengguna jalan dengan mengadopsi teknologi Advance Drive Assist Display (ADAD) serta skenario model untuk meningkatkan kecepatan transfer melalui interkoneksi atau transfer antarmoda transportasi; 4)Publikasi pada jurnal internasional terindeks scopus (Jurnal Teknologi – Sciences and Emginering) dengan judul : “Dynamic Simulation Model to Reduce Trafffic Congestion”; 5)Publikasi pada seminar internasional terindeks scopus (ISICO) dengan judul: “Scenario Development to Improve The Effectiveness And Efficiency of Transport Planning Process”; 6)Produk unggulan ITS yang dipatenkan dengan judul : “Metode dan Sistem Smart Mobility yang Mendukung Surabaya Smart City”.\n\nKeywords: Smart Mobility, Simulasi, Teknologi Informasi, Skenario \n