2017 : Analisa Struktur dan Kenyamanan Pengemudi pada Sepeda Tandem Geser dengan Variasi Beban, Material Pipa, dan Ketebalan Dinding Pipa Rangka untuk Persiapan Program Hilirisasi Produk

Dr., Ir. Bambang Iskandriawan M.Eng.
Eri Naharani Ustazah ST.
Ellya Zulaikha ST, M.Sn, Ph.D

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Seiring dengan laju pertumbuhan ekonomi yang semakin membaik maka tingkat perekonomian sebuah keluarga juga semakin sejahtera yang diikuti dengan jumlah kendaraan semakin bertambah. Permasalahan kemacetan di kota-kota besar di Indonesia menjadi semakin parah membuat pemerintah, masyarakat dan pakar transportasi mulai memikirkan sebuah solusi untuk menanggulangi masalah tersebut. Pertumbuhan jumlah kendaraan yang jauh lebih cepat daripada pembangunan jalan membuat kemacetan menjadi tidak terelakkan lagi. Belum lagi masalah polusi yang diakibatkan oleh gas buang dari kendaraaan bermotor yang setiap tahun jumlahnya selalu bertambah tentunya akan semakin membuat kotor udara di perkotaan. Salah satu solusi permasalahan tersebut adalah dengan digunakannya sepeda sebagai alternatif sarana transportasi dalam kota. Sepeda memiliki kelebihan dapat digunakan secara bersama-sama yang tentunya merupakan pilihan yang unik dan menarik bagi keluarga, kelompok pertemanan (komunitas) atau penduduk kota lainnya.\nTim peneliti telah melaksanakan berbagai penelitian dan pengabdian masyarakat dengan topik desain dan prototype sepeda tandem dan analisa aliran udara dalam ruang (air flow pattern analysis) pada 5 (lima) tahun terakhir ini. Berbekal pengalaman tersebut, selanjutnya tim peneliti mengusulkan penelitian dengan topik analisa struktur sepeda tandem geser (sliding tandem bike) ini mengingat perlu dicermatinya aspek kenyamanan dan keamanan berkendara pada sepeda tersebut sebagai persiapan hilirisasi produk hasil penelitian. Kehadiran sepeda tandem geser di perkotaan diharapkan secara langsung akan dapat mengurangi tingkat polusi udara perkotaan dengan berkurangnya penggunaan kendaraan bermotor. Secara tidak langsung akan dapat memberikan sugesti dan ajakan kepada penduduk kota akan pentingnya mengupayakan tempat tinggalnya agar lebih ramah lingkungan. \nTerdapat 3 (tiga) variabel pada studi analisa struktur sepeda tandem geser yaitu jumlah beban, jenis material rangka (frame) sepeda dan ketebalan pipa (wall thickness). Juga akan dilaksanakan analisa kenyaman dengan menggunakan metode Rapid Upper Limb Assesment (RULA). Studi analisa struktur dengan menggunakan software Catia.\nBerdasarkan pernyataan permasalahan-permasalahan pada struktur sepeda tandem geser selanjutnya dicoba menjawabnya dengan mewujudkan hasil analisa struktur dan kenyamanan yang akurat dan komprehensif. Hasil penelitian akan dipublikasikan di salah satu Jurnal Internasional ter-index Scopus.\n