2017 : Kajian Brand dan Desain Kemasan Produk Kripik Tempe UMKM Jawa Timur Dalam Rangka Membangun Daya Saing Industri Kreatif Sektor Kuliner Jawa Timur

Primaditya S.Sn., MDs
R.Eka Rizkiantono S.Sn, M.Ds

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Produk makanan olahan Indonesia dalam hal ini adalah kripik tempe, memiliki peluang yang sangat besar untuk menjadi salah satu komoditas andalan penggerak roda perekonomian negara di sektor industri kreatif kuliner dalam hal ini khususnya Jatim. Produk-produk kripik tempe tersebut umumnya dikemas dengan sederhana sehingga memiliki tampilan yang cenderung kurang menarik. UMKM di sini belum memanfaatkan elemen-elemen brand dan desain kemasan produknya dengan baik. Dengan menggunakan berbagai metode seperti studi literasi, survey dan observasi serta kajian yang mendalam dengan menggunakan metode Feldman. Hasilnya diharapkan dapat menjadi acuan untuk mengembangkan brand dan desain kemasan produk kripik tempe ataupun produk lainnya guna meningkatkan daya saing UMKM didalam menghadapi persaingan global seperti MEA dan pengembangan sektor industri kreatif kuliner Jatim dan Indonesia.\n\nKata kunci: Brand, Desain kemasan, Kripik tempe