2017 : METODE RANCANG MERGE PROGRAMMING DENGAN\nALGORITMA MANUAL DAN KOMPUTASI PADA ARSITEKTUR

Dr.Ing.Ir. Bambang Soemardiono
Endy Yudho Prasetyo ST., MT.
Nurfahmi S.T., M.Ars.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Arsitektur yang dalam perwujudannya berupa bangunan hakikatnya adalah\nsebuah objek yang digunakan oleh manusia sebagai pelindung dari gangguan alam\nyang tidak diinginkan. Arsitektur sangat erat kaitannya dengan fungsi, yang mana\nfungsi tersebut didefinisi dari kegiatan manusia sebagai pengguna di dalamnya.\nFungsi-fungsi tersebut sedikit banyak mempengaruhi arsitektur. Sehingga\nberkembanglah fungsi-fungsi di arsitektur yang pada gilirannya mendasari apa yang\ndisebut building types (pengkategorian tipe bangunan berdasarkan fungsinya), yang\nidealnya, pengkategorian tersebut akan berkembang sesuai pekerbangan fungsi dan\naktifitas manusia. Namun pada kenyataanya perkembangan kategori tersebut tidak\nmampu memfasilitasi perkembangan tipe aktifitas manusia. Banyak sekali contoh\nkasus dimana sebuah bangunan tidak digunakan sebagaimana ide bangunan tersebut\npertama kali direncanakan. Namun yang menarik adalah penggunan bangunan yang\ntidak pada tempatnya tersebut tidak terdapat masalah dalam kasus tertentu. Hal\ntersebut menunjukkan bahwa terdapat sebuh hubungan yang fleksibel antara fungsi\ndengan bangunan yang menaunginya, seperti yang diungkapkan oleh Bernard\nTschumi dalam bukunya berjudul Architecture and Disjunction yang dijelaskan\ndalam fenomena Crossprogramming, Transprogramming dan Disprogramming.\nPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan ide pembacaan programming\nyang paparkan oleh Bernard Tschmi kedalam sebuah metode rancang untuk dapat\nmempermudah aplikasi programming tersebut ke dalam proses perancangan\narsitektur. Luaran yang dihasilkan dalam penelitian ini adalah sebuah metode\nrancanga program baik secara manual maupun komputasi. Dimana proses komputasi\nakan menggunakan perangkat lunak Grasshopper, sebuah aplikasi digital sebagai\nplug-in dari perangkat lunak Rhinoceros.\nKata kunci: arsitektur, programming, algoritma