2018 : KONSTRUKSI SENTRA USAHA WANITA TANI MELALUI PENDEKATAN DIVERSIFIKASI KONSENTRIS BERBASIS TEKNOLOGI INFORMASI UNTUK MENGURANGI DISPARITAS PEREKONOMIAN MASYARAKAT DESA

Dra. Farida Agustini Widjajati M.S.
Dr.Drs. Soehardjoepri M.Si.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kegiatan optimasi lahan dilaksanakan di 5 propinsi yaitu: Jawa Barat, Banten, Jawa Tengah, DIY dan Jawa Timur. Keberadaan kelompok wanita tani dalam pemanfaatan lahan untuk pertanian seperti buah dan sayur sayuran yang ada patut mendapatkan respon untuk tindak lanjutnya mengingat kegiatan kelompok wanita tani sangat berpotensi. Sebagian besar penduduk di desa Pasirharjo kec. Talun Kabupaten Blitar bermata pencaharian sebagai petani dan buruh tani. Pemilik lahan masing-masing kisaran seluas 350m2. Penghasilan para wanita tani dan buruh tani tidak pasti bergantung pada musim. Bisa saja saat musim tidak baik mereka bekerja ke luar kota. Begitu banyak strategi yang dilakukan petani miskin (petani berlahan sempit income perbulan Rp.750.000,-dan buruh tani pendapatan Rp.30.000,- perhari). Penelitian dengan judul Konstruksi Sentra Usaha Wanita Tani Melalui Pendekatan Diversifikasi Konsentris Berbasis Teknologi Informasi Untuk Mengurangi Disparitas Perekonomian Masyarakat Desa memiliki tujuan meminimalisir kesenjangan/disparitas di desa. Dengan pemanfaatan pengetahuan, ketrampilan dan teknologi diharapkan kemiskinan dan disparitas dapat diminimkan bahkan dihilangkan. Untuk mencapai tujuan tersebut digunakan pendekatan kualitatif dengan melibatkan berbagai disiplin ilmu yaitu disiplin ilmu statistic dan ilmu ekonomi manajemen. Penelitian ini secara makro memberikan manfaat bagi stakeholders yaitu SDM penyuplai bahan baku, wanita tani yang bermetamorfose menjadi wirausaha, hingga konsumen domestic maupun mancanegara akan mendapatkan produk unggulan daerah dengan kualitas tinggi. Penelitian ini dilakukan secara bertahap selama multi tahun. Tahun I pendekatan kualitatif yang difokuskan pada upaya mengidentifikasi faktor dominan yang dapat menjadikan wanita tani maju. Tahun II Pengujian model peningkatan kesejahteraan para wanita tani menjadi wirausaha. Dengan melakukan pemasaran online maupun yang sudah melakukan pemasaran online namun masih dalam bentuk sederhana sebatas melalui facebook, wordpress yang tidak dapat berinteraksi dengan pelanggan untuk segera berorientasi pada pemasaran relasional berbasis teknologi informasi. Tahun III Penerapan model pada kelompok-kelompok usaha lain serta dinas yang terkait. Luaran penelitian: Th I: Buku ajar ISBN, Th: II Jurnal Internasional terindex scopus, Th: III HKi Key Words: teknologi, UKM, kesejahteraan, diversifikasi