2017 : IMPLEMENTASI CREATIVE START-UP PROJECT DALAM PERANCANGAN DKV MEDIA KREATIF

Denny Indrayana Setyadi ST., M.Ds.
Rabendra Yudistira Alamin S.T., M.Ds.
Didit Prasetyo S.T., M.T.


Abstract

Creative Start-up Project adalah sebuah istilah yang mencoba mengakomodasi para pencipta baru (start-up) berbagai kegiatan dan produk kreatif dalam menghasilkan/menciptakan sebuah produk yang dicintai oleh banyak orang, melalui gerakan pendaanaan sosial (crowdfunding) seperti pada gerakan Kickstarter.com. Melalui mata kuliah Desain Komunikasi Visual Media Kreatif, sebuah project perancangan yang menggunakan premis sosial budaya dilakukan dengan tujuan untuk memotivasi para mahasiswa dalam ikut serta dalam kegiatan serupa, sebagai bentuk kontribusi keilmuan Desain Komunikasi Visual dalam perkembangan industri kreatif yang berciri kreatifitas. \nPenelitian Implementasi Creative start-up project pada Desain Komunikasi Visual Media Kreatif ini merupakan bentuk penelitian yang bersifat deskriptif evaluatif, yakni mengevaluasi beberapa project yang telah dihasilkan selama periode berjalan Genap 2015 dan 2016 Mata Kuliah DKV Media Kreatif dengan referensi antara lain : Design Thinking, Kicstarter guide dan beberapa panduan dalam menghasilkan produk kreatif yang tergabung dalam gerakan crowdfunding internasional. Metode penelitian yang digunakan meliputi : (1) Studi eksisting produk kreatif dari crowdfunding Kickstarter dari beberapa kategori produk ruang lingkup DKV; (2) Analisis beberapa project DKV Media Kreatif yang telah berhasil dihasilkan. \n Output yang diharapkan pada penelitian ini adalah sebuah buku ajar ber-ISBN yang dapat digunakan sebagai acuan dalam evaluasi perbaikan kurikulum internal Departemen Desain Komunikasi Visual, serta dapat dimanfaatkan secara eksternal sebagai buku referensi yang ditujukan untuk umum, khususnya mahasiswa Desain Komunikasi Visual.\n