2017 : Simulasi Manajemen Energi pada Hybrid Solar Vehicle Tipe Seri-Paralel Sebagai Studi Dalam Usaha Penurunan Konsumsi Bahan Bakar Minyak dan Emisi Gas Buang di Bidang Otomotif

Dr.Ir. Budi Utomo Kukuh Widodo M.E.
Dr. Bambang Sudarmanta ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pemakaian motor bakar (internal combustion engines) sebagai penggerak utama pada bidang transportasi yang mayoritas menggunakan bahan bakar minyak seperti bensin dan solar menghadapi permasalahan serius yakni dampak buruk polusi emisi gas buang dan keterbatasan cadangan bahan bakar fosil. Alternatif teknologi yang secara signifikan bisa mengurangi dampak buruk tersebut adalah teknologi kendaraan hybrid. Pada penelitian ini akan diteliti strategi manajemen energi pada kendaraan hybrid yang menggabungkan teknologi motor bakar , teknologi kendaraan listrik dan sel surya. Konfigurasi kendaraan hybrid yang diteliti yakni hybrid solar vehicle dengan type seri-paralel. Manajemen energi harus menjamin bahwa kebutuhan daya berkendara senantiasa dapat dicukupi. Strategi manajemen energi berusaha meminimalkan penggunaan bahan bakar fosil dan meminimalkan polusi gas buang. Strategi yang diterapkan harus tetap memperhatikan batasan kerja operasional optimal dari masing masing komponen utama sistem penggerak. Penelitian ini akan dilakukan secara simulasi dengan software matlab/simulink. Data yang akan digunakan saat simulasi adalah motor bakar dengan kapasitas 1000 cc ; motor listrik dengan kapasitas 5 kVA, dan sel surya jenis sel surya silikon monocrystaline dengan efisiensi sekitar 22% dengan batasan luasan adalah luasan atap kendaraan. Diharapkan akan dapat dirumuskan strategi manajemen energi pada kendaraan hybrid yang nantinya dapat diaplikasikan di bidang transportasi. Diharapkan akan dapat dirumuskan teknologi kendaraan yang memiliki daya jelajah yang memadai dengan konsumsi bahan bakar fosil semakin rendah, emisi gas buang rendah dan sekaligus meningkatkan pemakaian bahan bakar renewable energi surya.\nOutput dari penelitian ini berupa artikel journal internasional yang ditargetkan akan dipublikasikan di International Review of Mechanical Engineering, dari Italia yang memiliki H-index 11 dan Index scopus Q3. Ouput selanjutnya adalah artikel pada seminar Internasional ICOME 3rd yang diselenggrakan oleh Jurusan Teknik Mesin, FTI-ITS Surabaya. Output selanjutnya adalah Diseratsi atas nama mahasiswa Rendy Adhi Rachmanto.\n