2016 : ANALISA TERHADAP KEMAMPUAN BERBAHASA INGGRIS MAHASISWA DITINJAU DARI 3 (TIGA) PROSES JALUR MASUK ITS

Dr. Dra. Ismaini Zain M.Si
Dr. Kartika Nuswantara S.Pd, M.Pd
Hermanto S.S., M.Pd.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kemampuan berbahasa Inggris disadari oleh para pegangku jabatan ITS sebagai kemampuan yang akan mampu memberikan nilai tambah bagi baik mahasiswa maupun lulusan ITS. Melalui kurikulum pembelajaran bahasa Inggris menjadi mata kuliah yang wajib diambil oleh mahasiswa pada semester 1 atau 2 dengan bobot 3 SKS. Serta melalui Peraturan Akademik tahun 2014, penguasaan bahasa asing termasuk diantaranya bahasa asing menjadi prasyarat yang harus dimiliki sebelum mahasiswa meninggalkan ITS. Penelitian ini mencoba melihat tren kemampuan berbahasa Inggris mahasiswa ITS ditinjau dari raw materialnya yaitu ketika mereka masuk diterima sebagai mahasiswa ITS. Tiga jalur masuk ITS menjadi variable pertama yang akan menentukan bagaimana kemampuan seseorang ditinjau. Factor yang lain pun menjadi variable yang akan dilihat pengaruhnya terhadap hasi capaian yang diperoleh dari tes EFL yang telah dicapai. Analisis statistika dengan metode ANOVA dan MANOVA menjadi metode dalam menganalisa data sekunder yang diperoleh oleh peneliti. Sebuah potret akan diperoleh sehingga kelak menjadi acuan bagi jurusan di ITS dalam mengambil kebijakan pada fakultas atau jurusan masing-masing khususnya dalam hal penanganan ketrampilan berbahasa masing-masing mahasiswa jurusan. \n\nKata kunci: Jalur Tes Masuk, Faktor eksternal dan Internal, ANOVA, MANOVA