2017 : Analisa dan Perancangan Purwarupa Self-Balancing Kendaraan Roda Dua

Prof. Ir. I Nyoman Sutantra M.Sc., Ph.D
Arif Wahjudi ST., MT., Ph.D.
Unggul Wasiwitono ST., M.Eng.Sc.


Abstract

Kendaraan roda dua merupakan moda transportasi yang banyak dipakai karena mudah dibawa dan mempunyai fleksibilitas tinggi. Akan tetapi, kendaraan roda dua juga merupakan moda transportasi darat dengan tingkat kecelakaan yang tinggi.Kerentanan pengendara kendaraan roda dua terhadap resiko kecelakaan karena kurangnya perlindungan langsung dan kendaraan roda dua secara nature merupakan sistem nonlinear yang tidak stabil. Sudah banyak usaha untuk meningkatkan keamanan berkendara dengan kendaraan roda dua, antara lain adalah Antilock Brake System (ABS), penambahan mekanikal kompensator pada sistem kemudi dan self-balancing.\n\nDinamika kendaraan roda dua akan dipelajari dalam penelitian ini untuk dapat mengimplementasikan metode self-balancing sebagai usaha untuk meningkatkan keamanan berkendara. Ada beberapa metode self-balancing yang dapat di terapkan. Penelitian ini akan fokus pada metode Control Moment Gyro (CMG), suatu perangkat kendali yang biasa digunakan sebagai sistem kendali pada pesawat ruang angkasa. Sebuah CMG terdiri dari rotor yang berputar dan satu atau lebih gimbal bermotor yang berfungsi untuk memiringkan momentum sudut rotor ini. Saat rotor miring, momentum sudut yang berubah menyebabkan torsi precessive gyroscopic yang menyeimbangkan sepeda.\n\nHasil penelitian ini mencakup: (1) model dinamika dari sistem kendaraan roda dua dengan CMG dan (2) purwarupa sistem kendaraan roda dua dengan CMG. Sedangkan artikel ilmiah hasil penelitian ditargetkan dapat dipresentasikan pada Seminar Nasional Tahunan Teknik Mesin (SNTTM) dan Jurnal internasional terindeks scopus.