2016 : PERUMUSAN KEBIJAKAN PENYUSUNAN INSTRUMEN STANDART KEHUMASAN DAN PROMOSI UNTUK MENINGKATKAN CITRA ITS DI MASYARAKAT

Drs. Hasto Sunarno M.Sc.
Faridawati S.Si., M.Si.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Berdasarkan Permendiknas no. 49 Tahun 2011, Institut Teknologi Sepuluh Nopember adalah perguruan tinggi pemerintah yang menyelenggarakan program pendidikan akademik, dalam sejumlah disiplin ilmu pengetahuan, teknologi dan/atau seni, dan olahraga. Selain menyelenggarakan kegiatan utama tersebut , kegiatan sehari – hari di kampus sebagai institusi public yang memiliki Tim Humas dan Promosi harus menerapkan standart tersebut ke dalam kegiatan sehari – sehari, salah satunya kegiatan di dalam lingkungan Kampus ITS. Untuk mewujudkan Instrumen Standart Kehumasan dan Promosi tersebut.\nKehumasan adalah fungsi komunikasi yang bertujuan untuk mencari dan membangun hubungan baik dengan publik organisai, yaitu meliputi konsumen, pemgang saham, pemerintah dan publik lain. Humas adalah fungsi manajemen dari ciri yang terencana dan berkelanjutan melalui organisasi dan lembaga swasta atau publik (public) untuk memperoleh pengertian, simpati, dan dukungan dari mereka yang terkait atau mungkin ada hubungannya dengan penelitian opini public di antara mereka\nKehumasan harus ditempatkan sebagai fungsi penting dalam memasarkan produk, khususnya bagi upaya mendukung kegiatan komunikasi pemasaran yang lain seperti iklan, pomosi penjualan, dan penjualan pribadi. Maka peran kehumasan adalah memperkenalkan produk kepada perusahaan,memperkenalkan produk kepada konsumen,mempengaruhi keputusan pemerintah, memperbaiki citra perusahaan, memberikan perhatian pada kegiatan perusahaan dalam pengembangan komunitas\nPenelitian ini bertujuan untuk merumuskan kebijakan Instrumen Standart Kehumasan dan Promosi di lingkungan ITS. Harapan setelah kebijakan ini berhasil dirumuskan dapat menjadi program yang dapat diterapkan seluruh kantor di lingkungan ITS.