2016 : ANALISIS PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN MAHASISWA MAGISTER MANAJEMEN TEKNOLOGI ITS SURABAYA

Dr. Ir. Bambang Syairudin M.T.
Lissa Rosdiana Noer S.T., M.MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Program Studi MMT-ITS merupakan program multidisiplin dibawah pengelolaan Program Pascasarjana ITS, program jenjang S2 yang memiliki orientasi pada pengembangan serta aplikasi ilmu Manajemen Teknologi. Bidang keahlian yang dimiliki diantaranya yaitu Manajemen Industri, Manajemen Proyek, Manajemen Teknologi Informasi, dan Manajemen Bisnis Maritim. Pada tahun 2014, Prodi MMT-ITS mengalami penurunan jumlah pendaftar sebesar 2,79%. Faktor penurunan disebabkan oleh beberapa faktor, diantaranya banyak program beasiswa yang tidak dibuka pada semester genap, opini masyarakat tentang program pendaftaran yang umumnya dibuka setahun sekali, dan adanya penawaran Prodi di universitas/Institut lain. Lima perguruan tinggi yang menjadi kompetitor Prodi ini, diantaranya adalah MBA-ITB, MM-UGM, MM-UI, MM-Unair, dan MM-IPB.\nSuatu lembaga pendidikan dapat dikatakan eksis, berkembang dan diterima serta mendapatkan dukungan oleh masyarakat, apabila mampu mewujudkan kepuasan mahasiswa. Kepuasan merupakan misi dari Prodi MMT-ITS sehingga layanan yang mencakup bidang pelayanan akademik, kelengkapan sarana dan prasarana, pelayanan keuangan dan administrasi, dan pelayanan keamanan yang diberikan dapat diterima oleh mahasiswa.\nKualitas pelayanan dapat diketahui menggunakan Metode Service quality, lima dimensi pokok kualitas pelayanan diantaranya: (i) tangible, (ii) realibility, (iii) responsiveness, (iv) assurance, dan (v) emphaty. Penilaian tingkat layanan diberikan dengan menggunakan kuesioner dan penelitian ini akan menggunakan Gap 5. \nDari hasil pengintegrasian metode Servqual dan Importance Performance Analysis (IPA), kepuasan mahasiswa MMT-ITS akan tercapai dengan meningkatkan beberapa variabel-variabel diantaranya kuadran I (prioritas utama), kuadran II (pertahankan prestasi), kuadran III (prioritas rendah), dan kuadran IV (tingkat kepuasan yang tinggi).\nPenerapan metode QFD (Quality Function Deployment) pada penilitian bertujuan untuk: (1) Memprioritaskan kebutuhan mahasiswa, (2) Kebutuhan mahasiswa diterjemahkan kedalam bentuk kriteria atau spesifikasi, (3) Hasil dari kriteria dan spesifikasi digunakan sebagai acuan dalam pengembangan produk atau layanan. Sehingga dapat meningkatkan efisiensi baik dalam pengembangan produk maupun biaya pengembangan produk sarana dan prasarana maupun jasa dan tentunya meningkatkan kepuasan mahasiswa Prodi MMT-ITS.\n\nKata kunci: Kualitas Pelayanan, Servqual, IPA, QFD\n