2016 : PENGEMBANGAN EKONOMI LOKAL PADA USAHA MIKRO KECIL MENENGAH (UMKM) INDUSTRI KREATIF UNTUK MENGHADAPI MASYARAKAT EKONOMI ASEAN (MEA) DI KOTA SURABAYA

Dr. Ir. Eko Budi Santoso Lic.rer.reg.
Vely Kukinul Siswanto ST, MT

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pasar bebas Asia Tenggara atau yang lebih dikenal dengan sebutan Masyarakat Ekonomi ASEAN (MEA) akhirnya sudah diberlakukan. Hal ini berarti, baik para pekerja atau produk-produk asal negara-negara Asia Tenggara dapat bebas keluar masuk Indonesia, begitupun sebaliknya.Pelaksanaan MEA ini dapat menyebabkan pasar Indonesia akan menjadi serbuan bagi negara-negara yang telah bergabung dalam komunitas ekonomi ini, karena penduduk Indonesia yang banyak dan juga memiliki jiwa konsumtif. Indonesia selama ini belum optimal memanfaatkan potensi pasar ASEAN. Untuk itulah Indonesia saat ini perlu meningkatkan daya saing produk-produk lokal untuk dapat meningkatkan kesejahteraan masyarakat. Salah satunya adalah perlunya peningkatan usaha pengembangan industri kreatif. \nKontribusi ekonomi kreatif sangat signifikan bagi perekonomian. Kota Surabaya yang merupakan kota kedua di Indonesia setelah Jakarta memiliki potensi yang besar untuk dapat mengembangkan industri kreatif yang ada. \nOleh karena itu perlu dilakukan pembentukan arah pengembangan untuk dapat mengoptimalisasikan segala keunggulan dari industri kreatif dengan berlandaskan pada konsep PEL agar dapat bersaing dalam Masyarakat Ekonomi ASEAN. Dengan pelatihan yang dilakukan ini diharapkan masyarakat dapat mengerti peluang, tantangan serta bagaimana usaha mengembangkan UMKM industri kreatif di Kota Surabaya.