2014 : Strategi Pengembangan Potensi Kawasan Pariwisata Bojonegoro dengan Pendekatan Marketing Places\n

Soedarso SS., M.Hum

Year

2014

Published in

-

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kabupaten Bojonegoro ditetapkan sebagai salah satu Daerah Tujuan Wisata (DTW) di \n\nJawa Timur karena memiliki potensi obyek wisata alam dan budaya yang telah \n\nmendapatkan perhatian wisatawan nusantara pada umumnya. Dalam kebijakan \n\npengembangan yang tertuang dalam Rencana Induk Pengembangan Pariwisata (RIPP) \n\nJawa Timur 1999-2015 Kabupaten Bojonegoro meskipun bukan sebagai gerbang utama \n\nnamun memiliki peran strategis untuk mendorong pertumbuhan kawasan di sekitarnya. \n\nAnalisis pemetaan terhadap lingkungan eksternal dan internal menggunakan \n\npendekatan Strategi Pemasaran Wilayah (Marketing Places) akan menghasilkan \n\nPositioning, Diferensiasi, dan Brand, potensi kawasan pariwisata Bojonegoro. \n\nPositioning- nya adalah ibarat Bali bagi Jawa Timur dengan kekhasan tetap memegang \n\nnilai-nilai religi dan kultur lokal setempat. Diferensiasi-nya adalah one-stop-shopping \n\nservices, pesona