2016 : STUDI IDENTITAS VISUAL KAMPUNG WISATA JAMBANGAN SEBAGAI TUJUAN WISATA KREATIF DAN INOVATIF \nKOTA SURABAYA

Octaviyanti Dwi Wahyurini ST., M.AppDesArt
Putri Dwitasari ST., M.Ds.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Kampung Wisata Jambangan merupakan sebuah perkampungan di Surabaya yang mempunyai nilai strategis karena memiliki potensi sebagai daerah tujuan wisata. Kampung yang telah dikembangkan sejak tahun 1988 ini berhasil menciptakan lingkungan yang sehat, bersih dan nyaman dengan menerapkan depo sampah yang ditempatkan di setiap RT. Hal ini bertujuan untuk memudahkan warga dalam memilah sampah yang kemudian dikelompokkan dalam bak penampungan yang kemudian akan dikirim ke bank sampah. Program ini telah membiasakan warga sekitar untuk memisahkan antara sampah organik dan anorganik. Sampah organik kemudian diolah menjadi kompos, sedangkan non-organik berupa plastik diolah kembali menjadi benda-benda yang bermanfaat dan memiliki nilai ekonomi tinggi seperti tas, pot bunga, payung, jaket dan souvenir. Kompos yang dihasilkan memberi banyak manfaat kepada masyarakat seperti pupuk untuk tanaman serta pakan ikan. Selain itu warga juga berhasil mengolah limbah air yang berasal dari kegiatan masyarakat seperti mandi dan mencuci yang akan dimurnikan kembali melalui proses penyaringan untuk tetap menjaga sanitasi lingkungan. Dari hasil-hasil inovasi tersebut, Kampung Wisataini tidak hanya menjadi proyek percontohan kampung berwawasan lingkungan, tetapi juga mulai dilirik untuk menjadi Kampung Wisata paling kreatif dan inovatif di Surabaya.\n\nPengembangan Kampung Jambangan sebagai tujuan wisata kreatif dan inovatif perlu didukung oleh sebuah program destination branding yang komprehensif. Destination branding merupakan sebuah strategi branding kawasan, yang bertujuan memberikan citra positif melalui identitas visual, kegiatan promosi, event, public relations dan periklanan. Identitas visual yang representatif akan mampu mencerminkan dan mempresentasikan keunggulan sebuah kawasan. Adanya identitas visual dari Kampung Wisata ini akan menjadi booster proses pengembangan pembentukan citra, sistem informasi dan promosi wisata. \n\nPenelitian ini mengkaji tentang aplikasi identitas visual sebagai salah satu strategi destination branding untuk pengembangan kawasan wisata kreatif dan inovatif di Surabaya. Penelitian ini akan meneliti faktor-faktor yang mempengaruhi sebuah sistem identitas visual untuk mendukung keberhasilan pengembangan sebuah kawasan, sehingga mampu menciptakan citra positif di masyarakat. Kajian yang digunakan dalam penelitian ini adalah kajian tentang Destinasi wisata, komunikasi, branding, pengembangan identitas visual dan logo, serta studi kasus kota yang memiliki kampung/desa wisata. Teknik pengumpulan data dalam penelitian ini adalah melalui observasi, wawancara dan studi dokumentasi. Tahap berikutnya adalah mengumpulkan referensi data yang telah di dapat, memetakan konsep, merancang alternatif desain dan aplikasinya.\n\nKeyword : Pengembangan kawasan wisata , destination branding, identitas visual