2015 : Platform Kecerdasan Buatan NPC berbasis Dynamic Challenging Level Adapter (DCA) untuk Simulasi Permainan Action Real-Time Strategy (ARTS)

Dr. Supeno Mardi Susiki Nugroho ST., M.T.
Christyowidiasmoro ST., MT

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Permainan Real-time Strategy (RTS) merupakan permainan yang memiliki komponen strategi yang dilengkapi dengan NPC (Non-Player Character) yang dapat mengimbangi pemain dalam aturan permainan yang sudah ditentukan. Permainan RTS mendefinisikan kemampuan NPC kedalam beberapa tingkat kesulitan yang standar yang dapat dipilih oleh pemain (mudah, sedang, sulit). Namun, dengan tingkat kesulitan yang standar tidak selalu cocok untuk menantang berbagai jenis pemain. Untuk menyelesaikan permasalahan tersebut banyak peneliti yang mengaplikasikan berbagai macam pengaturan AI. Salah satunya adalah pengaturan AI dengan mengadopsi strategi yang sama dengan pemain. Dengan menggunakan pengaturan AI seperti itu, pola permainan akan selalu sama setiap pertandingan, sehingga hasil permainan akan selalu sama. Pengaturan AI seperti itu dianggap sebagian peneliti kurang memuaskan. \nDengan adanya permasalahan pola permainan yang sama, dikembangkan kembali pengaturan AI menggunakan metode Dynamic Challenging Level Adapter (DCA). DCA