2017 : Pengaruh Tujuan Kegiatan Outbound bagi Mahasiswa Baru MMT-ITS terhadap Pencapaian Misi Organisasi bidang Pendidikan di MMT-ITS

Dr. Ir. Bambang Syairudin M.T.
Dr.Ir. Mokh Suef M.Sc (Eng)
Gogor Arif Handiwibowo ST., M.MT.
Lissa Rosdiana Noer S.T., M.MT.


Abstract

Metode outbound saat ini memang menjadi trend yang banyak dilakukan oleh suatu organisasi untuk pengembangan diri anggota serta membentuk pola hubungan antar anggotanya sebagai output kegiatan. Metode ini mengedepankan proses pembelajaran dengan cara eksperimental, dimana peserta akan melaksanakan kegiatan dan menemukan sendiri nilai dari suatu bentuk aktifitas tertentu yang telah dirancang sebelumnya. \nTidak terlepas pula organisasi pendidikan selevel Magister Manajemen Teknologi – Institut Teknologi Sepuluh Nopember (MMT-ITS) juga melaksanakan outbound untuk mahasiswa barunya. Kegiatan Outbound sendiri yang ditujukan untuk mahasiswa baru mempunyai beberapa tujuan yang hendak dicapai. Terdapat dua tujuan outbound secara garis besar pada program MMT-ITS yaitu tujuan outbound secara ilmiah dan tujuan outbound internal MMT-ITS.\nDi lain sisi, MMT-ITS sebagai suatu bentuk organisasi juga memiliki visi organisasi sebagai skala acuan kualitatif yang hendak dicapai dan dijabarkan secara lebih rinci didalam misi organisasi. Dengan demikian, segala aktifitas yang dilakukan oleh MMT-ITS haruslah mempunyai landasan misi MMT-ITS. Sehingga, jika dihubungkan dengan akfifitas outbound maka aktifitas outbound untuk mahasiswa baru MMT-ITS haruslah mampu menguatkan misi MMT-ITS yang dalam hal ini misi bidang pendidikan MMT-ITS.\nDalam penelitian ini akan dilakukan analisa model persamaaan struktural (structural equation modeling/SEM) hubungan antara tujuan outbound secara ilmiah, tujuan internal MMT-ITS dan misi bidang pendidikan MMT-ITS. Model persamaan struktural yang dihipotesiskan akan dianalisa dengan menggunakan Generalized Structured Componen Analysis (GSCA) untuk mengetahui hubungan yang ada.\n