2016 : Optimalisasi Pemanfaatan Share ITS yang terhubung dengan SIM Akademik Untuk Mendukung ITS Terintegrasi

Edwin Riksakomara SKom, MT
Wiwik Anggraeni S.Si.,M.Kom
Anny Yuniarti S.Kom., M.Comp.Sc
Faizal Mahananto S.Kom, M.Eng., Ph.D
Afrian Riznaldhy
Herry Sufyan Hadi ST., MT.


Abstract

Perkembangan teknologi infomasi dan komunikasi (TIK) yang semakin pesat membawa perubahan dalam kehidupan masyarakat. Perubahan ini juga terjadi di dunia pendidikan dengan munculnya pembelajaran via online atau disebut eLearning. E-learning dapat dijadikan sebagai sarana untuk mencerdaskan kehidupan bangsa melalui pemerataan pendidikan dengan pembelajaran jarak jauh. Dalam proses pembelajaran, E-Learning mampu memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa antara lain meningkatkan fleksibilitas dalam pembelajaran, memudahkan proses monitoring dan evaluasi dosen terhadap mahasiswa, meningkatkan kedisiplinan dan kemandirian mahasiswa dalam proses belajar. \n\nInstitut Teknologi Sepuluh Nopember seperti juga institusi pendidikan dunia lainnya menganggap eLearning memberikan manfaat yang sangat besar bagi civitas akademika ITS. Karena itu mulai tahun 2011 melalui P3AI (Pusat Pengembangan Pendidikan dan Aktivitas Instruksional), mengembangkan program eLearning yang dikenal dengan nama SHAREITS bagi dosen-dosen di seluruh jurusan di ITS. Dengan adanya SHARE-ITS ini diharapkan semakin banyak dosen yang memanfaatkan SHARE-ITS sebagai media untuk proses pembelajaran secara online \n\nNamun demikian, dalam kenyataannya perkembangan penggunaan SHARE-ITS tidak terlalu signifikan. SHARE-ITS hanya digunakan oleh sebagian kecil dosen di beberapa jurusan saja. Dari sekian ratus mata kuliah yang ditawarkan oleh berbagai jurusan di ITS, hanya sedikit sekali yang menggunakan SHAREITS secara aktif. Dari catatan P3AI pengguna SHARE-ITS hanya beberapa dosen dari Jurusan tertentu, terutama jurusan yang terkait dengan teknologi. Kondisi ini dirasa sangat kontradiktif dengan keinginan agar semua dosen di semua jurusan memanfaatkan SHARE-ITS untuk pembelajaran online di lingkungan ITS. \n\nSalah satu penyebab tidak populernya SHARE-ITS di kalangan dosen adalah proses manajemen kelas dan pengguna di SHARE-ITS yang tidak efisien. Proses dimulai saat Petugas yang ditunjuk sebagai penanggungjawab SHARE-ITS di jurusan melakukan pendataan mata kuliah yang ditawarkan jurusan di setiap semester. Dari data tersebut, petugas akan melakukan create kelas mata kuliah di SHARE-ITS. Pengguna, dalam hal ini adalah mahasiswa peserta mata kuliah, akan dimasukkan satu persatu dalam kelas mata kuliah. Proses manual seperti ini menimbulkan beresiko adanya kelas mata kuliah yang terlewat di-createe di dalam SHARE-ITS dan mahasiswa yang terlewat dimasukkan ke dalam kelas mata kuliah.\n\nOleh karena itu, penelitian kebijakan ini bertujuan untuk mengembangkan suatu aplikasi yang akan menggabungkan SHARE-ITS dengan SIM Akademik ITS sehingga proses untuk manajemen kelas dan pengguna SHARE-ITS dapat dicreate dengan efisien. Tujuan akhir penelitian adalah terciptanya ITS terintegrasi.\n