2016 : Desain Kombinasi Termoelektrik dan Sel Volta Anoda Magnesium Menggunakan Multi-Input Converter untuk Aplikasi Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) pada Pelat Lambung Kapal

Sutopo Purwono Fitri ST., M.Eng., Ph.D.En
Adi Kurniawan ST.,M.T

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Tingkat laju korosi plat lambung kapal yang cukup tinggi menyebabkan pentingnya studi tentang metode yang efektif untuk memperlambat laju korosi tersebut. Metode Impressed Current Cathodic Protection (ICCP) yang menggunakan arus listrik merupakan salah satu metode yang efektif untuk memperlambat laju korosi. Pada proposal ini, diajukan penelitian untuk merancang metode ICCP yang ramah lingkungan dan bebas biaya operasional dengan memanfaatkan pembangkit listrik termoelektrik dan sel volta yang menggunakan anoda magnesium. Potensi dari kedua sumber energi tersebut akan ditelaah dengan melakukan eksperimen pada skala laboratorium. Permasalahan yang mungkin timbul adalah perbedaan tingkat tegangan yang dihasilkan oleh kedua sumber energi tersebut, sehingga mengakibatkan sumber yang bertegangan lebih rendah menjadi beban bagi sumber yang bertegangan lebih tinggi. Oleh karena itu, pada penelitian ini juga akan dirancang multi-input converter untuk mengkombinasikan energi listrik dari termoelektrik dan sel volta, sehingga didapat satu level tegangan keluaran yang selanjutnya digunakan untuk memproteksi lambung kapal dari korosi. Perancangan dan validasi untuk multi-input converter dan rangkaian pengontrolnya akan dilakukan dalam simulasi menggunakan perangkat lunak. Penelitian ini diharapkan dapat menghasilkan metode yang efektif, ramah lingkungan dan bebas biaya operasional untuk melindungi pelat kapal dari korosi.