2017 : ICT DAN PENDIDIKAN KARAKTER:\nPENGEMBANGAN METODE-STRATEGI PENDIDIKAN MORAL CHARACTER DAN PERFORMANCE CHARACTER YANG TERINTEGRASIKAN DALAM SUBYEK MULTIDISIPLINER SOSIAL-HUMANIORA

Drs. Moh. Saifulloh M.Fil.I
Umi Trisyanti S.S., M.Pd
Adi Suryani Ph.D

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi metode metode/strategi-strategi/approach yang dapat digunakan oleh para pengajar dengan menggunakan media ICT. Cakupan ini kami perluas dengan melihat dinamika dan tantangan yang dihadapi oleh pengajar dalam proses pendidikan karakter dan efeknya untuk para peserta didiknya. Pendidikan karakter ini bukanlah merupakan pendidikan karakter yang terpisah, akan tetapi terintegrasi dalam pendidikan subject matter yang mereka ajarkan. Hal ini mengindikasikan bahwa pendidikan karakter ini dapat terintegrasikan dalam hidden curriculum, budaya dalam kelas dan penanaman serta pengembangan nilai-nilai yang termanifestasikan dalam classroom management, rules dan behavior. Penelitian ini berkorelasi dengan penelitian penelitian BOPTN 2013-2016, dimana dalam penelitian penelitian sebelumnya kami mengekplorasi ICT dan pembelajaran listening (tahun 2013-2014) dan ICT dan pembelajaran problem solving (tahun 2015-2016). Hasil dari penelitian sebelumnya juga mengindikasikan bahwa edutainment dapat berperan dalam pembentukan mahasiswa secara holistik (berkembang secara sosial, emosional dan kognitif). Di tahun 2017 ini akan kami fokuskan pada pendidikan moral character dan performance character dengan menggunakan media ICT. Hal ini juga mengindikasikan pembentukan sosial dan emosional melalui karakter. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, classroom action research-naturalistic setting yang didasari oleh phenomenology sebagai epistemologi penelitian. Hal ini mengindikasikan bahwa permasalahan yang kami angkat adalah fenomena/permasalahan yangterjadi disekeliling kami yang akan kami observasi dengan didasari oleh situated learning and action. Dengan melalui situated learning ini kami berharap dapat belajar dan berkembang melalui permasalahan permasalahan pendidikan yang berkembang dalam konteks sehari hari.