2017 : ANALISIS PENINGKATAN KEPUASAN DOSEN TERHADAP PELAYANAN JURUSAN MANAJEMEN TEKNOLOGI-ITS

Dr.techn. Ir. Raden Venantius Hari Ginardi M.Sc
Gogor Arif Handiwibowo ST., M.MT.
Lissa Rosdiana Noer S.T., M.MT.


Abstract

Jurusan Manajemen Teknologi-ITS merupakan jurusan dibawah Fakultas Bisnis dan Manajemen Teknologi (FBMT) yang diresmikan bersamaan dengan perubahan status ITS dari Perguruan Tinggi Negeri Badan Layanan Umum (PTN-BLU) menjadi Perguruan Tinggi Negeri Berbadan Hukum (PTN-BH) pada tanggal 10 Nopember 2016. Jurusan Manajemen Teknologi memiliki program S2 Magister Manajemen Teknologi (MMT) yang memiliki bidang keahlian antara lain: Manajemen Industri, Manajemen Proyek, dan Manajemen Industri.\nSuatu universitas maupun institut tidak terlepas oleh peran dosen dan mahasiswa. Dosen adalah pendidik profesional dan ilmuwan dengan tugas utama mentransformasikan, mengembangkan, dan menyebarluaskan ilmu pengetahuan, teknologi, dan seni melalui pendidikan, penelitian, dan pengabdian kepada masyarakat. Kepuasan kerja (Kuswadi, 2005) dapat membantu memaksimalkan kinerja dosen dalam jangka panjang. Kepuasan kerja dapat dipengaruhi oleh beberapa faktor, diantaranya adalah faktor hubungan antar karyawan, faktor-faktor individual, dan Faktor-faktor luar (Anoraga, 2006). \nPenelitian ini akan melakukan pengintegrasian dari hasil pengolahan data menggunakan Analysis Gap dan Metode IPA (Importance Performance Analysis) dengan melihat pelayanan yang diberikan jurusan kepada dosen. Dimana Gap Analysis dicari melalui pendekatan teori Lovelock “The Flowers Of Services”. Hasil kesenjangan (gap) yang telah diperoleh akan diolah kembali dengan menggunakan Metode IPA yang dapat menunjukkan kepentingan relative berbagai atribut terhadap kinerja organisasi atau perusahaan serta produknya (Wijaya, 2011). Hasil pengintegrasian kedua metode diharapkan dapat menjadi acuan dalam upaya perbaikan peningkatan pelayanan kepada dosen yang dilakukan oleh jurusan.\nKata kunci: Kepuasan Kerja, Kualitas Pelayanan, Gap Analysis, The Flowers of Services, IPA (Importance Performance Analysis)