2016 : PENGEMBANGAN DESAIN KAPAL MUATAN CURAH PADAT YANG AMAN UNTUK DAERAH OPERASIONAL PELAYARAN PADAT

Ir. Wasis Dwi Aryawan M.Sc. Ph.D
Hasanudin S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Seiring perkembangan armada kapal yang semakin meningkat, kasus kecelakaan tabrakan kapal semakin sering terjadi. Hal ini tidak dapat dihindari bahwa pelayaran padat diakibatkan jumlah kapal yang beroperasi relatif banyak dan kapal yang sedang menunggu proses bongkar muat di pelabuhan. Hal ini akan mempengaruhi tingkat kecelakaan kapal yang mungkin terjadi karena daerah pelayaran yang padat akan menyebabkan olah gerak kapal menjadi tidak leluasa. Ketika tabrakan kapal terjadi, ada beberapa kapal yang masih bisa terapung dan bahkan ada yang langsung tenggelam. Kapal yang masih bisa terapung meskipun kondisi lambung luarnya rusak akibat ditabrak tentunya dipengaruhi oleh desain kompartemen dan double hull.\n\nPenelitian ini akan mengkaji desain kapal muatan curah padat yang aman untuk daerah operasional pelayaran padat. Desain akan divariasikan berdasarkan pada jumlah ruang muat dan jarak double skin. Analisa stabilitas kapal bocor dilakukan secara numerik pada variasi jumlah kompartemen dengan memperhatikan persyaratan IMO tentang probabilitas stabilitas kapal bocor. Analisa tabrakan kapal akan menunjukkan jarak double skin yang efektif ketika ditabrak dengan variasi kecepatan kapal. Dengan dua pertimbangan ini, kapal yang beroperasi pada pelayaran padat dan terjadi tabrakan tidak akan menyebabkan kapal sampai tenggelam. Hasil akhir dari penelitian ini adalah mendapatkan jumlah kompartemen dan jarak double skin yang efektif dan efisien untuk kapal muatan curah padat.\n