2015 : MODEL PENGAMBILAN KEPUTUSAN PENENTUAN BESARAN MARK UP HARGA PENAWARAN PADA LELANG PROYEK KONSTRUKSI

Dr Christiono Utomo S.T., M.T.
Cahyono Bintang Nurcahyo S.T., M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Penetapan harga penawaran pada pelelangan umum dapat ditentukan melalui berbagai pertimbangan, yangakan menentukan besar kecilnya keuntungan yang akan diperoleh perusahaan dan presentase kemungkinan dalam memenangkan proyek. Mark up merupakan selisih harga penawaran dengan biaya estimasi dibagi dengan biaya estimasi dalam besaran persen. Penentuan mark up harga penawaran yang terlalu besar akan menyulitkan kontraktor dalam memenangkan proyek. Sebaliknya, penentuan mark up harga penawaran yang terlalu rendah akan mempersulit kontraktor dalam memperoleh keuntungan.\n\nMetode strategi penawaran dari Friedman digunakan untuk mendapatkan nilai mark up harga penawaran yang optimum. Metode tersebut diterapkan pada sejumlah data harga penawaran dari kontraktor-kontraktor yang mengikuti pelelangan umum di Layanan Pengadaan Secara Elektronik (LPSE) oleh Kementrian Perhubungan mulai dari tahun 2012 sampai dengan 2014. Proyek tersebut berupa pekerjaan konstruksi yang berlokasi di suatu kawasan wilayah tertentu. Metode Frie