2016 : Kajian Kebijakan Bisnis Penerbitan Buku di Unit Percetakan dan Penerbitan ITS Tahap Sosialisasi, Implementasi dan Evaluasi

Bambang Tristiyono ST., M.Si.
Bambang Mardiono Soewito S.Sn, M.Sn
Thomas Ari Kristianto S.Sn., MT

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Untuk mengembangkan Unit Percetakan dan Penerbitan ITS ke depan, usaha penerbitan buku adalah potensi yang menarik untuk memperoleh margin keuntungan. Potensi buku diterbitkan adalah bisnis yang sangat menjanjikan bagi usaha percetakan, karena sangat mungkin memberi margin harga yang besar, bisa sampai 5X atau 500% dari harga produksi, sementara bisnis cetak, margin harga pada umumnya maksimal 30% saja.\nNamun hal tersebut tidak mudah diwujudkan, khusunya bagi ITSPress yang masih dalam kategori penerbit pemula. Masih banyak kendala dan permasalahan yang harus dikerjakan untuk mewujudkan sukses tersebut. Beberapa permasalahan diantaranya, yaitu: rendahnya minat Dosen ITS untuk menulis, manajemen penerbitan di ITSPress juga masih banyak kekurangan, masalah prosedure dan kontrak kerja sama yang belum jelas, masalah strategi pemasaran yang kurang berkembang, serta masalah kebijakan evaluasi pertanggung jawaban keuangan per tahun anggaran yang menjadikan bisnis penerbitan buku semakin sulit dijalankan.\nPada tahun pertama penelitian (2015) telah dihasilkan draft kebijakan penerbitan buku di ITSPress yang berisi tentang (1) Prosedur menerbitkan buku (2) Naskah yang harus dikirim (3) Penilaian Naskah (4) Keputusan menerima atau menolak suatu naskah (5) Format Naskah (6) Bentuk Kerjasama Penerbitan (7) Pendanaan kerjasama penerbitan ITSPress. Draft kebijakan yang telah dihasilkan masih perlu perbaikan yang lebih nyata, sehingga sangat perlu langkah sosialisasi dan implementasi untuk melihat tanggapan konsumen terkait kebijakan tersebut. Hasil implementasi nantinya akan menjadi bahan evaluasi yang nyata untuk memperbaiki dan meyempurnakanya, sehingga bisa dihasilkan kebijakan yang sesuai dengan kondisi ITSPress pada khususnya dan Institusi ITS secara keseluruhan. \nManfaat yang diharapkan adalah (1) Meningkatkan brand ITS secara keseluruhan, karena akan banyak buku karya ITS yang beredar di pasar dan akan menjadi referensi bagi keilmuan teknik secara luas. (2) Secara nyata akan memberi motivasi ekstra bagi UPT. Percetakan dan penerbitan, untuk bekerja lebih baik lagi yang pada akhirnya secara gradual akan mampu memberi profit bagi ITS dan memastikan buku-buku yang dicetak akan bermanfaat dan mendatangkan keuntungan. (3) Sebagai alternatif media promosi dan bisnis yang tepat dan potensial, karena sesuai dengan nafas ITS sebagai institusi pendidikan, sementara persaingan pasar buku-buku teknik masih terbuka dan potensi ITS sudah diakui masyarakat. (4) Dapat meningkatkan omzet secara signifikan, karena pasar buku teknik adalah pasar real yang sangat potensial dan persaingan masih terbuka. (5) Dapat meningkatkan layanan pelanggan dengan prosedur yang jelas dan saling menguntungkan.\n