2018 : Kajian Pengembangan Desain Konstruksi Kapal Ikan Berbahan Fiberglass Multiaxial Sebagai Solusi Keberlanjutan Indutri Perikanan Nasional

Totok Yulianto ST, MT.
Dony Setyawan ST, M.Eng
Septia Hardy Sujiatanti ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Ketersediaan material kayu sebagai bahan baku kapal nelayan saat ini semakin menipis. Hal ini menjadi masalah yang serius bagi sebagian besar nelayan, terutama untuk kebutuhan kapal baru maupun untuk perbaikan kapal kayu milik nelayan. Disamping itu, kapal kayu menyerap biaya yang cukup banyak. Mulai dari biaya untuk memproduksi kapal kayu, maupun biaya perawatn dan penyusutan kapal kayu tersebut. Di sisi lain, ketahanan pangan nasional yang menjadi program pemerintah telah menunjuk sektor perikanan sebagai salah satu sumbernya. Dalam hal ini peran nelayan untuk mendapatkan hasil tangkap sesuai target sangat diperlukan. Kelangkaan kayu tidak dapat dijadikan alasan untuk tidak dapat memproduksi kapal ikan demi memenuhi target ketahanan pangan nasional dari sektor perikanan. Salah satu material alternatif yang dapat menggantikan kapal kayu adalah Fiberglass Reinforced Plastic (FRP). Kelebihan yang dimiliki dari material FRP adalah ketangguhan material, memiliki kekuatan yang tinggi, tahan terhadap cuaca dan bahan kimia, tahan terhadap suhu yang tinggi serta tidak mengalami abrasi dan korosi. Sifat mekanik dari FRP salah satunya dipengaruhi oleh jenis serat, desain serat dan orientasi arah serat. Salah satu jenis serat yang digunakan dalam FRP adalah multiaxial, yaitu serat yang berwujud anyaman dengan arah serat memanjang, melintang maupun menyilang. Multiaxial glass terdiri dari beberapa jenis diantaranya adalah biaxial, triaxial dan quadriaxial. Penelitian yang diusulkan ini bertujuan untuk (a) menetapkan desain konstruksi kapal ikan berbahan fiberglass multiaxial yang dapat digunakan oleh nelayan, (b) mengkaji kekuatan konstruksi serta multiaxial untuk mengetahui kekuatan dan karakteristik fiberglass multiaxial untuk kapal ikan, (c) menentukan jenis multiaxial yang paling optimum dari sisi kekuatan dan karakteristik materialnya. Penelitian dititikberatkan pada desain konstruksi dan analisis kekuatan kapal ikan berbahan fiberglass multiaxial. Analisis kekuatan fiberglass multiaxial ditunjukkan dengan eksperimen di laboratorium dan simulasi numerik elemen hingga. Hasil akhir dari penelitian ini adalah desain konstruksi kapal ikan berbahan fiberglass multiaxial yang dapat digunakan oleh masyarakat nelayan untuk meningkatkan produktivitas tangkapan ikan.