2015 : SUSTAINABLE HOUSING DAN PENGARUHNYA PADA KINERJA MARKETING RUMAH KELAS MENENGAH KEBAWAH

Dr Christiono Utomo S.T., M.T.


Abstract

Sustainable housing adalah isu yang sering kita dengar akhir dasa warsa ini, sustainable housing lebih sering didengar dalam pembicaraan tingkat akademisi atau kalangan intelektual, sedang masyarakat menengah ke bawah lebih memahaminya dalam tingkat aplikasi tanpa terlalu peduli makna hakikinya. Pemahaman selama ini bahwa masyarakat low middle class hanya mengenal istilah bangunan hijau dan penghijauannya saja dari pada perumahan berkelanjutan dalam defenisi yang lebih luas, bagi mereka keberadaan dan kelayakan ruang telah cukup tanpa terlalu memikirkan isu tersebut. Aplikasi konsep sustainable housing ternyata memberikan keuntungan jangka panjang kepada developer baik tingkat lokal maupun regional Penelitian ini bersifat korelasi yakni mencoba mencari kaitan antara beberapa variabel dalam hal ini adalah variabel pada sustainable housing dan variable pada kinerja pemasaran melalui metode regresi. Penelitian ini dirasa penting untuk mengetahui sejauh mana pengaruh konsep sustainable housing pada kinerja marketing, khususnya sasaran masyarakat kelas menengah kebawah. Hasil ini dapat diperoleh melalui observasi lapangan, penyebaran angket terhadap konsumen tentang preferensi mereka terhadap sustainable housing dan kaitannya dengan kinerja pemasaran.Hasil penelitian ini ternyata bahwa aplikasi konsep sustanable housing berpengaruh positif pada kinerja pemasaran ini dapat dilihat setelah diuji korelasinya. Aplikasi konsep sustainable housing secara lingkungan memiliki pengaruh paling besar terhadap volume penjualan, dan aplikasi konsep sustainable housing secara …