2015 : Penyusunan Instrumen Laboratorium di Jurusan Teknik Informatika untuk Mendukung Implementasi Lab-based Education

Dr.Eng. Nanik Suciati S.Kom., M.Kom.
Dr.Eng. Chastine Fatichah S.Kom, M.Kom
Radityo Anggoro S.Kom, M.Sc


Abstract

Dalam implementasi lab-based education, fungsi laboratorium tidak hanya sebagai tempat penelitian, tetapi diperkuat menjadi pengelola pengajaran, penelitian dan pengabdian masyarakat. Pengelolaan pengajaran untuk semua mata kuliah di Jurusan Teknik Informatika dilakukan oleh laboratorium, yang mencakup pengelolaan content/isi dan dosen pengajar. Sejak diimplementasikannya kurikulum baru 2014 – 2019, jumlah laboratorium di Jurusan Teknik Informatika bertambah menjadi delapan, yaitu (1) Algoritma dan Pemrograman, (2) Komputasi Cerdas dan Visi, (3) Arsitektur dan Jaringan Komputer, (4) Komputasi Berbasis Jaringan, (5) Manajemen Informasi, (6) Interaksi, Grafika dan Seni, (7) Rekayasa Perangkat Lunak, dan (8) Dasar dan Terapan Komputer. Berkaitan dengan penguatan fungsi laboratorium serta perubahan struktur dan jumlah laboratorium di Jurusan Teknik Informatika, maka perlu dilakukan penyesuaian instrumen pendukung kegiatan laboratorium, yang mencakup dokumen RPPM Lab, RP mata kuliah yang dikelola setiap Lab, dan