2015 : Kajian penentuan desain lambung terhadap gerakan dan kekuatan kapal akibat hidroelastisitas slamming pada kapal perang

Aries Sulisetyono ST, MA.Sc, Ph.D
Teguh Putranto ST.,M.T.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Pengawasan sumber daya laut terhadap tindakan pencurian menjadi salah satu tolok ukur bahwa negara dapat mempertahankan kedaulatan wilayah maritimnya. Kebutuhan kapal perang tenyunya dapat mendukung kinerja TNI untuk menjalankan operasi militernya. Kutipan berita kecelakaan kendala teknis utama pada kapal perang adalah salah satu perilaku seakeeping yang relatif kurang stabil karena memiliki sarat rendah sehingga kondisi perairan denagn ketinggian gelombang tertentu dapat menyebabkan kapal terbalik atau tenggelam. Disisi lain perilaku slamming yang sering terjadi pada kapal berkecepatan tinggi berakibat pada kegagalan struktur pada bagian haluam kapal sehingga membahayakan keselamatan.\n\nPenelitian ini dimaksudkan untuk mengkaji desain lambung kapal perang untuk daerah operasional tertentu dkmana perairan terbuka di indonesia memiliki ketinggian rata rata gelombang sekitar 2-3 m. Pembahasan dititikberatkan pada analisa gerakan kapal seakeeping untuk mengetahui tingkat keamanan dan kenyamanan kapal dan kekuatan