2015 : KAJIAN MODEL KONSEPTUAL LABORATORY BASED EDUCATION MELALUI ADAPTASI ISO 19796

Ir. Aulia Siti Aisjah MT.
Yusuf Bilfaqih ST
Dr.Eng Widiyastuti ST., MT.
Sri Fatmawati S.Si., M.Sc., Ph.D.


Abstract

Pendekatan Laboratory based Education (LBE) mulai dilaksanakan di ITS semenjak program Predict-ITS pada bulan Juni tahun 2006. Program ini semula diterapkan pada program pascasarjana S2, sedangkan saat ini telah berkembang penerapannya lebih luas dan terpadu mencakup program sarjana S1 dan program doktoral S3. Pendekatan pembelajaran LBE ini menekankan perlunya Kepala lab membimbing dan mengawasi mahasiswa pascasarjananya semenjak hari pertama mengikuti program hingga menyelesaikannya dan tesis mahasiswa pascasarjana dibuat berdasarkan penelitian bersama dibawah payung Predict-ITS atau proyek penelitian lain. Hal ini dimaksudkan untuk mengorganisasikan penelitian di lab ke dalam sebuah kelompok penelitian dengan seorang peneliti utama bersama mahasiswa/stafnya, dan membuat mahasiswa meluangkan waktu lebih banyak di lab untuk mengerjakan penelitiannya bersama dengan senior, teman seangkatan dan yuniornya.\nDalam prakteknya, pendekatan LBE merupakan suatu bentuk pendidikan yang telah menjadi identitas ITS dengan