2017 : Pengembangan Materi Pembelajaran Dasar Desain Produk Industri Guna Meningkatkan Kemampuan Lulusan Sesuai Dengan Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia

Primaditya S.Sn., MDs
Arie Kurniawan S.T., M.Ds.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Mata kuliah dasar desain produk industri merupakan integrasi teori & latihan aplikasi estetika yang merupakan pondasi bagi mahasiswa di tahun pertama sebagai syarat untuk mengikuti perkuliahan di tahun kedua. Sebagai kuliah dasar inti matakuliah dasar desain harus disampaikan, diterima dan dipahami oleh mahasiswa dengan baik dan efektif. Fakta di lapangan bahwa sebagian besar mahasiswa belum memiliki wawasan dan entry skill yang cukup mengenai ilmu dan dunia desain, karena dalam pendidikan dasar sebelumnya pengetahuan dan ketrampilan desain tidak diajarkan, sehingga perlu metode pembelajaran efektif. Sebagai sebuah kebijakan yang memiliki implikasi luas di masyarakat, Kerangka Kualifikasi Nasional Indonesia harus dikembangkan dengan teliti, disertai dengan tahapan-tahapan yang jelas sehingga Implementasi KKNI dapat meningkatkan mutu pendidikan dan pelatihan nasional, mengingat pengetahuan dan ketrampilan desain adalah kompetensi khusus yang harus dimiliki oleh mahasiswa desain produk industri.\nPenelitian ini bertujuan untuk mengembangkan metode pembelajaran yang tepat dalam penyampaian matakuliah dasar desain produk kepada mahasiswa tingkat awal, sehingga integrasi teori maupun latihan mudah diterima dan dipahami dengan pendekatan observasi dan interasi.\nLuaran yang dihasilkan adalah modul ajar yang optimal dan efektif untuk meningkatkan kompetensi khusus mahasiswa sesuai dengan kualifikasi nasional.\n