2016 : Rancang Bangun Pustaka Gamification berbasis bahasa pemrograman PHP (Studi kasus Aplikasi Balikin.Id)

Faizal Johan Atletiko S.Kom. , M.T.
Radityo Prasetianto Wibowo S.Kom., M.Kom.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Perkembangan teknologi dapat mengubah tingkah laku seseorang. Adanya teknologi internet dapat menghubungkan satu orang dengan orang yang lainnya walaupun berbeda tempat. Dengan Google, semua orang dapat mencari informasi yang berguna dari siapapun dan kapanpun. Dengan Facebook, semua orang bisa terhubung dengan teman lama ataupun teman baru. Dengan Gojek, semua orang dapat memesan ojek dengan mudah dan tidak perlu berkeliling mencari ojek. Beberapa aplikasi terkenal seperti Google, Facebook, Uber, Gojek, Tokopedia dan yang lainnya tidak terlepas dari konsep gamifikasi.\nGamifikasi adalah penerapan konsep elemen-elemen di permainan pada sistem bukan permainan bertujuan untuk meningkatkan pengalaman dan keterlibatan pengguna pada aplikasi. Gamifikasi akan menciptakan perilaku keseharian yang baru dalam berinteraksi sosial dan akan terimplementasi pada banyak bidang seperti pendidikan, kesehatan, pekerjaan dan yang lainnya. Adanya gamifikasi dapat mengarahkan pengguna untuk melakukan aktivitas yang positif. \nPada penelitian ini akan menghasilkan pustaka gamifikasi yang akan digunakan sebagai referensi untuk merancang bangun aplikasi yang menerapkan gamifikasi khususnya aplikasi yang menggunakan bahasa pemrograman PHP. Penerapan pustaka gamifikasi akan dilakukan pada Aplikasi Balikin.Id, sebuah aplikasi untuk solusi pemecahan kehilangan dan penemuan barang.\n