2015 : Pengembangan Model Kebijakan Teknologi\nInformasi Bagi Generasi C (Generasi Pribumi\nDigital)

Dr. Surya Sumpeno S.T., M.Sc
Dr. Adhi Dharma Wibawa ST., MT.
Muhtadin ST., MT.

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Relatif terjangkaunya perangkat komunikasi elektronik atau\ndikenal dengan Gadget merupakan fenomena yang terjadi di\nhampir seluruh penjuru Indonesia. Pemanfaatan Gadget oleh\nGenerasi muda khususnya dalam rentang usia 17 sampai 25\ntahun langsung atau tidak langsung telah menjadikan mereka\nGenerasi “C” (creative, changing, content, customize,\nco-creation, chameleon, connected, curiosity, cyborg, cracker,\ncyber), mereka dianggap terlahir dengan “mouse” ditangan\nkanannya.\nSeiring dengan kebutuhan pada Generasi C yang terus\nmeningkat, mereka membutuhkan biaya sosial, lokasi sosial\nuntuk dapat berinteraksi dalam media sosial yang mewadahinya.\nTak jarang kebutuhan akan biaya sosial dan lokasi sosial\nmenjerumuskan mereka ke arah pencapaian identitas diri /\nmimpi yang salah. Pencapaian tersebut ditempuh dengan cara\nyang salah antara lain hedonisme, human trafficking, narkoba\ndan kehilangan norma sosial dalam pergaulan antar sesama atau\nkepada orang yang lebih tua. Hal ini dapat terlihat dari\nmunculnya “autisme” atau s