2014 : PENGARUH PENDEKATAN PROBLEM POSING LEARNING TERHADAP KEMAMPUAN BERPIKIR KRITIS PESERTA DIDIK PADA PELAJARAN SEJARAH DI SMA NEGERI 8 SEMARANG TAHUN 2013-2014

Ir. Muhammad Faqih MS


Abstract

Salah satu masalah yang dihadapi dalam pembelajaran sejarah adalah kurang tingginya kemampuan berpikir kritis peserta didik, sehingga dalam proses pembelajaran peserta didik cenderung pasif. Model pembelajaran yang diterapkan guru selama ini kurang bisa meningkatkan kemampuan berpikir kritis peserta didik. Salah satu alternatif untuk meningkatkan kemampuan berpikir kritis yaitu dengan pendekatan Problem Posing Learning. Adapun permasalahan yang akan dibahas dalam penelitian ini adalah apakah terdapat perbedaan kemampuan berpikir kritis peserta didik yang memperoleh pembelajaran Problem Posing Learning dengan peserta didik yang memperoleh pembelajaran ekspositori. Populasi dalam penelitian ini adalah siswa kelas IPS SMA Negeri 8 Semarang tahun pelajaran 2013-2014. Sampel dalam penelitian ini diambil secara acak dan terpilih sebagai kelas eksperimen menggunakan …