2014 : STUDI IDENTITAS VISUAL PADA \nPROGRAM CITY BRANDING KOTA DAN KABUPATEN\nDI JAWA TIMUR\n

Dr. Agus Windharto DEA
Octaviyanti Dwi Wahyurini ST., M.AppDesArt

External link

Type

RESEARCH

Keywords

-


Abstract

Saat ini kota-kota di seluruh dunia saling berkompetisi untuk menarik minat para wisatawan, investor, pekerja berkeahlian, serta even-even berskala internasional. Untuk memenangkan kompetisi ini, penerapan program city branding atau branding kota dipilih oleh kota-kota di dunia, termasuk pula kota-kota di Indonesia. City branding merupakan strategi branding yang diadaptasi dari strategi branding perusahaan, oleh karena kota dan perusahaan memiliki beberapa persamaan-persamaan yang berkaitan dengan kompleksitas stakeholders. \nAkan tetapi, penerapan program city branding sering kali tidak disertai dengan strategi yang komprehensif. Hasil penelitian sebelumnya pada beberapa program city branding di tiga kota di Jawa Timur, implementasi program city branding tidak didukung oleh identitas visual yang mencirikan budaya dan aspirasi masyarakat setempat. Identitas visual berupa logo, tipografi, bentuk dan ragam warna yang ada merupakan inisiasi sepihak sebagian pihak. Sehingga, program city branding yang dijalankan t